3 Cara Mudah Melakukan Perawatan Luka Diabetes Supaya Cepat Sembuh

Sebagian besar masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan salah satu penyakit yang sudah lama ada dan juga sudah banyak masyarakat Indonesia yang menderita penyakit ini yakni diabetes. Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa dikatakan cukup kronis jika sudah muncul luka dan kebetulan luka yang ditimbulkan adalah luka basah bukan luka kering. Jadi memang jika sudah muncul luka, maka bagi para penderita diabetes tersebut memang harus mendapatkan perawatan yang maksimal supaya sakit dan lukanya bisa cepat kering dan tidak menjalar pada anggota tubuh yang lain.

Jika luka diabetes sudah tidak bisa disembuhkan lagi atau bisa dikatakan sudah parah maka akan semakin susah juga untuk sembuh dan bisa kembali normal seperti semula. Akan tetapi tidak ada salahnya jika misalnya ada salah satu anggota keluarga Anda yang kebetulan menderita diabetes, Anda bisa melakukan perawatan tersebut secara mandiri di rumah, namun dengan tetap memperhatikan beberapa cara dan tips-tipsnya supaya sakit tidak semakin parah dan luka bisa cepat kering. Apa saja dan bagaimana caranya? Berikut ini adalah tipsnya:

1. Rajin membersihkan luka

Pertama adalah apabila ingin melakukan perawatan luka diabetes secara mandiri di rumah, usahakan untuk selalu rajin membersihkan luka dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Tujuannya adalah supaya luka bisa tetap bersih dan steril dan tidak mudah untuk bakteri berkembang jika luka dibersihkan setiap hari. Dan satu hal yang perlu Anda ingat bahwa jangan lupa untuk menggunakan dan mengoleskan salep antibiotic yang sudah direkomendasikan oleh dokter Anda dan lakukan dengan rutin. Ganti pembalut secara berkala supaya luka bisa tetap bersih dan terjaga kebersihannya.

2. Hindari tekanan pada luka

Jadi jika sudah memiliki riwayat luka yang timbul karena diabetes maka Anda usahakan untuk tidak menggunakan pakaian yang ketat karena akan sangat berpengaruh besar pada luka diabetes Anda. jika pakaian yang Anda gunakan terlalu ketat maka akan berdampak pada luka yang akan semakin parah. Seperti contohnya adalah jika luka ada di kaki Anda gunakan alas kaki yang empuk dan yang paling nyaman menurut Anda.

3. Perhatikan makanan

Satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah masalah asupan makanan. Jadi tidak semua makanan dan minuman bisa dikonsumsi secara bebas oleh penderita diabetes. Maka dari itu, usahakan untuk hati-hati dalam memilih makanan dan minuman supaya nanti luka yang diakibatkan oleh diabetes ini tidak semakin parah dan bisa cepat sembuh. dan beberapa jenis makanan yang bisa diperhatikan adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman dengan memperhatikan asupan kalori, lemak dan juga serat. Selain itu untuk masalah mineral, vitamin dan zinc juga tidak boleh luput dari perhatian.

Dengan memperhatikan beberapa tips dan langkah-langkah mudah yang disebutkan di atas, dipastikan bahwa dalam memberikan perawatan luka diabetes meski dilakukan secara mandiri di rumah tidak akan terjadi masalah dan dipastikan luka bisa cepat sembuh dan kering. Tetapi untuk lebih amannya, Anda bisa meminta bantuan pada pihak tenaga medis, misalnya dengan meminta bantuan pada tenaga medis dari Aido yang sudah terpercaya dan bisa ditangani oleh tenaga yang sudah professional dalam bidangnya. Selain itu, untuk masalah biaya Anda tidak lagi harus membayar mahal, karena di Aido ada banyak promo yang bisa dinikmati, pelayanan ramah dan aman serta terpercaya.