4 Cara Mudah Mengobati Asam Lambung Naik Dengan Bahan Herbal Yang Ada Dirumah

Melemahnya katup yang menghubungkan antara kerongkongan bagian bawah dan juga lambung bisa menyebabkan asam lambung naik ke bagian atas, bahkan juga tidak menutup kemungkinan nantinya akan keluar hingga mulut. Kondisi semacam ini dikenal juga sebagai penyakit asam lambung atau istilah lainnya adalah gerd. Gerd ini dapat dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Hanya saja resikonya akan semakin tinggi bagi orang-orang yang sudah berusia lanjut, itulah mengapa patut bagi Anda untuk mewaspadainya.

Sebenarnya belum diketahui penyebab pasti mengapa sfingter esofagus ini dapat melemah, namun dugaannya bisa terjadi dipicu oleh beberapa kondisi medis tertentu, seperti diantaranya adalah radang kerongkongan, kelainan pada bagian lambung, kemudian juga orang-orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan juga jadi lebih rentan mengalami kondisi semacam ini. pola hidup Anda nyatanya juga berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan, itulah mengapa tidak boleh disepelekan.

Ketika asam lambung naik tentunya ada banyak gejala kurang nyaman yang nantinya akan dirasakan oleh tubuh, mulai diantaranya adalah nyeri pada ulu hati, sensasi seperti terbakar, mual hingga muntah. Bahkan juga kondisi-kondisi yang lebih parah tak jarang akan menyertainya, sehingga patut bagi Anda untuk waspada. Jika seandainya sudah merasakan gejala tersebut, maka penting bagi Anda segera melakukan pengobatan. Cara alami mengatasi asam lambung naik sebenarnya mudah karena bahkan dapat dilakukan dari rumah, berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Teh chamomile, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari jenis teh dengan aroma khas ini. Selain mampu untuk mengatasi stres, ternyata teh chamomile juga sangat bagus digunakan untuk mengurangi gejala gerd yang menyerang Anda. Cara pakainya sendiri juga sangatlah mudah, yaitu cukup dengan menyeduhnya kemudian bisa langsung dikonsumsi selagi masih hangat, bisa ditambahkan dengan madu jika ingin rasa yang agak manis.
  2. Jahe, jahe sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai bahan herbal yang kaya akan manfaat, itulah mengapa tak heran jika ia kerap kali dijadikan sebagai bahan tambah untuk beragam obat-obatan. Menggunakan jahe untuk mengatasi asam lambung naik ini nyatanya juga begitu efektif, karena ia mampu bekerja untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan, mengatasi perut mual dan juga kembung. Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara menyeduhnya da ditambahkan dengan madu, bisa juga menggunakan jahe yang siap pakai yang banyak dijual di pasaran. Namun umumnya produk tersebut juga banyak campurannya.
  3. Licorice, akar manis ini tak kalah banyak mengandung manfaat, karena dapat mengatasi heartburn yang disebabkan oleh GERD tersebut. Karena memang kandungan yang ada didalamnya juga bagus seperti antioksidan dan juga antiradang yang dapat mengurangi terjadinya pembengkakan, peradangan bahkan juga luka lambung yang disebabkan oleh asam lambung yang meningkat tersebut.
  4. Akar marshmallow, beragam zat atau senyawa bermanfaat terkandung dalam akar ini. sehingga tak heran jika seandainya bahan herbal tersebut juga efektif dalam mengatasi beberapa jenis gangguan kesehatan, termasuk diantaranya adalah Anda yang bermasalah dengan asam lambung, diare, bahkan juga konstipasi. Mampu untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada lapisan lambung.

Itulah diantaranya beragam cara mengatasi asam lambung naik di rumah, jadi tak harus konsumsi obat-obatan medis. Namun jika seandainya kondisi Anda tidak kunjung mereda. Maka dianjurkan untuk langsung membawanya ke dokter, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih menyeluruh.