7 Tempat Kuliner Sekitar Alun

KOMPAS.com – Alun – alun menjadi tempat tujuan wisata populer di Kota Bandung. Memanjakan pengunjung dengan pemandangan yang bisa dijadikan latar berfoto serta kenyamanan untuk sekadar menikmati suasana pusat kota.

Setelah puas menikmati waktu di space alun-alun, kamu bisa menikmati kuliner di sekitarnya.

Baca juga: 7 Kuliner Legendaris Sekitar Alun-alun Bandung, Ada Warkop Berusia Hampir 1 Abad

Berikut ini 7 tempat kuliner di sekitar alun-alun Kota Bandung. Harga dan jam operasional yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu.

1. Warung Nasi Ibu Imas Lengkong
Tempat makan ini menjual nasi dengan lauk-pauk khas Sunda. Ada 5 cabang restoran Warung Nasi Ibu Imas di sepanjang jalan Balong Gede.

Warung ini dikenal sebagai pelopor sambal pedas di bandung. Sambal dadak pedas dan karedok paling disukai para pengunjung.

Warung Nasi Ibu Imas berlokasi di Jalan Balonggede No. 38, Kota Bandung, buka pukul 07.00-19.30 WIB. Makan di sini, siapkan finances Rp 8.000-an sampai Rp 20.000-an.

2. Ayam Goreng Indrawati Putra Lengkong
Tempat makan lain di jalan lengkong besar yakni Ayam Goreng Indrawati Putra Lengkong. Restoran ini sudah berjualan selama puluhan tahun. Menu yang dijual yaitu Ayam Goreng Kering, ceker sampai hati ampela yang dilengkapi dengan cocolan sambal merah.

Hidangan ayam goreng di tempat ini menjadi favorit karena rasa gurih dan cara menggoreng ayamnya dibuat menjadi kering, sehingga banyak disukai pengunjung.

Cukup siapkan biaya kisaran Rp 30.000-an untuk menikmati ayam goreng di tempat kuliner yang berada di Jalan Lengkong Besar No. 3C, Kota Bandung ini. Datanglah pukul 11.30 – 21.00 WIB.

3. Ayam Penyet Surabaya Praga
Ayam Penyet Surabaya Praga adalah tempat makan dengan desain sederhana namun ramai dikunjungi oleh para pembeli.Ramainya pengunjung, membuat orang-orang yang lewat menjadi perhatian dengan tempat ini.

Menu ayam goreng penyet surabaya di tempat ini berisi ayam penye, serundeng, sambal terong, sambal kecap, tahu, lalapan dan nasi. Kamu juga bisa menikmati sepaket ayam penyet surabaya ditambah sambal korek andalan.

Tempat kuliner di sekitar alun-alun Kota Bandung ini berada di Jalan ABC No. 103. Buka pukul 07.00-22.00 WIB. Bawa duit sekitar Rp 17.000-Rp 25.000 kalau mampir ke sini.

4. Ayam Bakar C’mar Braga
Ada berbagai tempat makan ayam di sekitar alun-alun kota bandung. Salah satu tempat makan ayam yang ada di sekitar alun-alun kota bandung adalah Ayam Bakar Cmar Braga.

Tempat makan yang terletak di daerah Cikapundung ini menjual hidangan nasi rames yang bisa disantap dengan aneka jenis lauk, yakni ayam goreng, gulai, semur dan aneka gorengan.

Ayam Bakar C’mar terletak di Jalan Terusan ABC No. 21, Kota Bandung. Buka pukul 18.00-23.00 WIB. Harga makanan di sini kisaran Rp 20.000-an.

5. Warung Kopi Purnama
Bagi kamu yang ingin menyantap roti bakar dan kopi di suasana sejuk kota bandung, Warung Kopi Purnama Praga siap memenuhi keinginan itu.

Makan roti bakar di tempat ini akan terasa spesial. Jika kamu ingin memesan kopi, cobalah juga untuk memesan roti srikaya warung ini. Roti srikaya warung kopi purnama terkenal enak di kalangan pengunjung.

Warung Kopi Purnama praga memiliki arsitektur bangunan yang mengingatkan pada masa kolonial belanda. Warung kopi tua di bandung ini, sudah ada sejak tahun 1930.

Warung Kopi Purnama berlokasi di Jalan Alkateri No. 22, Kota Bandung. Buka pukul 06.30-22.00 PM. Untuk makan di sini sediakan budget Rp 15.000-an sampai Rp 50.000-an.

6. Sumber Hidangan

Sumber Hidangan adalah tempat makan bergaya klasik ala bangunan belanda tempo dulu yang menjual aneka es krim, seperti jenis es krim noga yang memiliki rasa tidak terlalu manis dengan tambahan noga yang renyah.

Mengusung konsep jaman kolonial belanda, tak hanya bangunannya saja yang mempertahankan desain klasik, nama menu yang dijual di tempat ini ditulis dengan menggunakan Bahasa Belanda.

Sumber Hidangan berada di Jalan Braga No. 20-22, buka pukul 09.00-15.30 WIB. Harga makanan di sini kisaran Rp 15.000-an sampai Rp 50.000-an.

7. Sate DJ
Sate DJ merupakan singkatan dari Sate Di Jalan. Nama tersebut terdengar unik begitu juga dengan hidangan yang dijual di warung ini.

Warung sate dj menjual hidangan sate yang berbeda dari sate di pulau jawa pada umumnya. Jika biasanya sate dihidang dengan saus kacang atau saus kecap, sate dj adalah hidangan sate berbumbu kering mirip dengan sate taichan.

Sate dj mempunyai dua pilihan rasa, yaitu asin pedas dan asin sedang. kamu bisa pesan sesuai kesukaan.

Untuk menyantap sate DJ tak diperlukan terlalu banyak biaya, harganya Rp 1.500-an per tusuk.

Datanglah ke Sate DJ, Jalan Jendral Sudirman No. 276, Kota Bandung pukul 18.00-02.00 WIB.

Mengingat ini masih masa pandemi, sebaiknya kalau keluar rumah tetap patuhi protokol kesehatan. Seperti pakai masker, jaga jarak, dan jaga kebersihan diri. Kuliner di atas juga bisa dibungkus dan dimakan di rumah.