7 Tips Awal Memulai Bisnis F&B Tertarik Mencoba??

7 Tips Awal Memulai Bisnis F&B Tertarik Mencoba??

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak peminatnya. Semakin banyak masyarakat membuka bisnis F&B dengan berbagai kreativitas dan inovasi. Namn tidak semua orang yang menggeluti bisnis ini dapat bertahan dengan adanya inovasi yang lebih menarik dari pendatang baru. Kompetisi di dunia F&B semakin sulit. Selain inovasi, kerja keras dan pantang menyerah sangat dibutuhkan dalam menghadapi bisnis F&B. Kali ini, kami akan berbagi ideas agar Anda bisa bertahan dan sukses dalam bisnis F&B.

1.Target Pasar
Target Pasar merupakan yang terpenting dikarenakan Anda harus mengetahui Produk Anda akan laku di pasar yang seperti apa . Target Pasar adalah acuan untuk merancang strategi pasar. Target pasar pun meliput pendapatan, gaya hidup, umur, pekerjaan, dan sebagainya.
Contohnya saja misalkan Anda berencana membuka usaha kuliner di daerah pekuliahan, maka yang cocok Anda jual adalah makanan dengan harga terjangkau dan tempat yang nyaman untuk kalangan mahasiswa seperti warung nasi berkonsep café. Dengan pasar yang sudah Anda tentukan berdasarkan produk yang akan Anda jual, makan Anda tidak akan kesulitan untuk menjual produk kuliner Anda.

2.Inovasi
Dengan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis kuliner, Anda harus dapat bertahan agar tidak mengalami kerugian. Inovasi merupakan salah satu yang penting karena dengan adanya inovasi, pembeli Anda tidak merasa bosan dengan Produk Anda yang monoton. Inovasi meliputi rasa,tampilan atau bentuk, kreasi dalam pembuatannya, dan cara penyajiannya. Inovasi ini juga harus disesuaikan dengan goal pasar yang Anda tuju. Misalnya, jika goal Anda adalah anak sekolah, maka produk yang Anda jual harus memiliki tampilan yang menarik dan tidak membosankan. Anda harus selalu memberikan variasi baru kepada Produk Anda.

3.Supplier
Bahan dasar yang digunakan untuk membuat suatu makanan sangat mempengaruhi rasa makanan. Tentu, kita harus mengetahui bahan dasar apa saja yang cocok dan mencari pihak yang menjualnya. Dengan adanya bantuan dari pihak penjual bahan dasar kita atau provider, maka kualitas bahan dasar makanan Anda akan terjamin. Mencari pihak penjual pun harus berhati-hati agar kedepannya tidak ada masalah yang tidak diduga misalnya kualitasnya untuk kedepan tidak sebaik awalnya.

four.Pengetahuan dan keahlian
Menjadi salah satu pengusaha dalam bisnis kuliner, berarti Anda harus mempunyai pengetahuan dan keahlian juga di bidang kuliner. Dari adanya pengetahuan dan keahlian yang dipunya nantinya pengusaha bisa mengembangkan ide-ide serta inovasi baru. Sehingga menjadikan menu makanan dan minuman yang Anda sajikan menjadi beda dari yang lainnya.

5.Jaga Reputasi
Usaha Kuliner ada yang sanggup bertahan lama ada juga yang hanya bertahan sebentar. Usaha Kuliner yang dapat bertahan lama pasti mereka mampu memberikan dan menjaga reputasi positif di mata konsumen. Mulai dari kebersihan makanan, tempat hingga rasa menu masakan dan pelayanan harus ditetapkan dengan standar opersi yang ketat.

6.Pengaturan Keuangan yang Tepat dan sesuai
Laporan Penjualan dan Pembelian juga menjadi salah satu yang penting karena ini menyangkut hidup dan matinya sebuah bisnis. Anda juga harus mengatur pembukuan yang benar agar tidak terjadi kesalahan dalam penghitungan keuntungan. Dengan adanya pembukuan akuntansi atau software program akuntansi yang dapat membantu Anda agar lebih mudah mungkin akan menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk bisnis Anda.

7.Sabar di Awal Usaha
Usaha di bidang kuliner ini akan sedikit membutuhkan waktu pengenalan kepada konsumen terlebih untuk bisnis yang baru dibuka, maka jangan terlalu cepat menyerah jika Anda mengalami sepi pengunjung di awal. Namun untuk selanjutnya jika menu masakan Anda sudah cocok di lidah konsumen, maka akan sangat mudah tersiar kabarnya kepada konsumen lain. Setelah tersebar kabar positif mengenai restoran Anda, maka akan berdatangan banyak konsumen. Maka kesabaran akan sangat dibutuhkan di awal bisnis Anda.

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris enim mattis magnis senectus montes mollis phasellus.