JAKARTA, KOMPAS.com- Selain terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan, Surabaya juga banyak menyimpan ragam kuliner khas. Mulai dari bebek Madura, nasi cumi, rawon, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 3 Makanan Berbentuk Virus Corona, Salah Satunya Bakso Aci di Surabaya

Kuliner malam di Surabaya juga beragam. Jika kamu lapar tengah malam, jangan khawatir. Kamu akan menemukan banyak restoran yang buka hingga dini hari atau 24 jam.

Namun, sebaiknya di tengah masa pandemi ini kamu perlu menjaga jarak saat berada di tempat makan tersebut. Ada juga yang sediakan jasa ojek on-line, take away, atau supply.

Berikut delapan kuliner malam khas Surabaya yang bisa membuatmu kenyang di tengah malam. Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu.

Hidangannya tidak pedas atau menakutkan seperti namanya. Rawon setan merupakan salah satu kulinerr legendaris di Surabaya. Rawon setan berisi kuah rawon yang hitam pekat dan daging sapi yang empuk.

Baca juga: 5 Makanan Seafood Mentah Khas Indonesia, Lebih Enak dari Sashimi

Saat mencicipi kuah rawon, rasa kaldu sapi sangat harum yang berbaur dengan bumbu dapur menghadirkan rasa pedas, asin, dan gurih.

Dalam satu mangkuk rawon setan kamu bisa tambah beragam topping. Kamu bisa menambahkan potongan daging, lemak, jeroan, lidah, hingga buntut sapi.

Selain itu, rasa kuah rawon yang pekat dan kental terasa seimbang karena dilengkapi dengan taoge mentah di atasnya, ditambah rasa gurih dari bawang merah.

Jika ingin lebih mantap kamu bisa menambahkan telur asin, lalu juga tak lupa kerupuk udang yang gurih, agar rasanya semakin mantap.

Rawon Setan – Embong Malang berada di Jalan Embong Malang Nomor 78/I, Genteng. Rumah makan ini melayani pembelinya pukul 08.00-23.00. Satu porsi rawon daging dihargai Rp 45.000 per mangkuk.

2. Nasi Cumi Pasar Atom
Warung cumi sederhana ini terletak di Jalan Waspada Nomor 2-four, Bongkaran, Pabean Cantian. Berada di sebelah gedung lama Pasar Atom.

Baca juga: Hari Pahlawan, Kisah Hotel Majapahit Surabaya yang Legendaris

Warung kaki lima yang menjual hidangan utama nasi cumi itu buka 24 jam.

Cumi dimasak dengan tinta cumi itu sendiri dengan rasa gurih manis. Selain itu nasi cumi juga dilengkapi dengan lauk seperti empal, paru, usus sapi.

Tidak ketinggalan peyek udang yang rasanya gurih dari kemiri dan tekstur renyah. Sambal dari nasi cumi ini tidak begitu pedas, tapi terasa asin dan tidak terlalu menonjol rasanya.

Setelah nasi, cumi, lauk dan sambal, sepiring nasi cumi ini juga dilengkapi dengan mi goreng. Lalu ada tahu dan telur sambal goreng, sehingga lauknya tambah banyak dan kian mantap.

Selain nasi cumi, warung ini juga menyediakan hidangan rawon cumi yang tidak kalah nikmat. Satu porsi dari Nasi Cumi Pasar Atom komplet adalah Rp 33.000.

3. Bakso Omen Again
Para pencinta bakso bisa berkumpul. Kuliner malam di Surabaya lainnya yang bisa kamu datangi adalah Bakso Omen. Warung bakso sederhana ini terletak di Jalan Raya Darmo Baru Barat 19, Surabaya.

Baca juga: Tips Hilangkan Rasa Panas pada Tangan setelah Makan Nasi Padang

Warung bakso omen buka setiap Selasa-Minggu pukul 19.30-24.00 WIB. Di warung ini kamu bisa mencicipi ragam varian bakso seperti, bakso isi keju, bakso urat, bakso isi sambal, bakso isi telur puyuh, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga ada bakso jumbo kasar iga, yang dihidangkan lengkap dengan tulang iganya. Selain itu juga bakso sapi tetelan, bakso sapi isi sapi cacah.

Untuk isiannya kamu bebas mengisi mangkuk baksomu dengan banyak pilihan, mulai dari mi kuning, soun, bihun. Kamu juga bisa menambahkan gorengan atau lontong.

Bakso iga kasar ukuran tremendous besar dihagai Rp forty five.000 sedangkan bakso halus isi keju mozzarella dihargai Rp 15.000.

four. Sego Sambel Mak Yeye
Rumah makan ini sudah menjadi sobatnya arek-arek Suroboyo yang hobi makan tengah malam. Sego sambel atau bahasa Indonesianya nasi sambal, menjadi makanan malam yang sering diburu.

Baca juga: Resep Iga Bakar Ketumbar Sambal Hijau, Masak ala Hotel di Rumah

Sego sambal terdiri dari nasi, sambal, telur dadar, dan tempe. Namun walaupun terdengar sederhana, sego sambel memiliki pesona tersendiri di lidah penikmatnya.

Rumah makan yang menyajikan sambel yang banyak ini memiliki rasa sambal yang pedas, manis, sedikit asam dan gurih dari bawang.

Lauk yang ditawarkan cukup bervariasi ada telur dadar, ikan pari, ayam goreng, tempe, dan masih banyak lagi.

Jika kemari kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp 10.000 saja untuk satu porsi satu sambal. Harga bervariasi dari lauk untuk pendamping yang kamu santap.

Sego Sambel Mak Yeye berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan No. 12 (Belakang DTC), Wonokromo, Surabaya. Rumah makan ini buka dari pukul 22.00-03.00.

5. Bebek Tugu Pahlawan

Warung bebek ini terletak persis di depan pintu masuk monumen Tugu Pahlawan.

Bebek goreng dengan gaya masakan Madura ini terkenal karena dagingnya yang empuk, bumbunya yang memiliki tekstur berminyak, rasanya gurih dari rempah yang kuat.

Baca juga: Berburu Bebek Goreng di Surabaya, Ini 4 Pilihan Kedai Nasi Bebek

Bebek Tugu Pahlawan buka dari pukul 18.00 hingga 23.00 WIB. Berada dekat di titik nol Kota Surabaya, nasi bebek ini sangat empuk dan tidak bau perengus sama sekali.

Bebek yang tawarkan cukup variatif, ada bagian paha jumbo, dada jumbo, protolan (bagian daging yang lepas saat proses dimasak atau dibumbui), dan jeroan.

Harga sepiring nasi bebek dan minuman es jeruk whole Rp 30.000. Nasi Bebek Tugu Pahlawan tidak membuka cabang.

Kamu yang ingin take away sebungkus nasi bebek bisang langsung menuju Monumen Tugu Pahlawan lalu menyeberang jalan ke deretan ruko di depan pintu masuk Tugu Pahlawan.

6. Tahu Telor Pak Jayen
Tahu tek, merupakan salah satu kuliner berbahan dasar tahu yang terkenal di kawasan Jawa Timur, seperti Surabaya.

Tahu tek disajikan dengan tahu yang dibalurkan telur lalu digoreng, disajikan dengan kentang, tauge, dan lontong yang disiram bumbu kacang.

Bumbu kacangnya sendiri sudah dicampur dengan petis sehingga rasanya lebih gurih dan mirip dengan rujak petis.

Sebagai sentuhan terakhir, ditambahakan kerupuk di atas bumbu kacangnya.

Namun kenapa disebut tahu tek? Sebab tahu tek kebanyakan dijual pada malam hari di Surabaya.

Penjualnya akan mendorong gerobak dan membunyikan bambu kecil sambil berkeliling. Bunyi yang sangat familiar dari pedagang tahu ini adalah “tek….tek….tek,” bunyi dari bambu itu.

Nah, rumah makan tahu tek yang terkenal di Surabaya adalah Tahu Telor Pak Jayen. Tahu Tek Pak Jayen di Jalan Dharma Husada Indah I Blok C Nomor 2, Mulyorejo ini buka dari pukul 16.00 hingga pukul 24.00 WIB.

Berbekal uang tunai Rp 20.000 kamu bisa menikmati tahu tek lengkap, porsi jumbonya Rp 25.000.

7. Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih

Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih namanya, sate kelopo legendaris di pusat kota Surabaya yang sudah mewarnai dunia kuliner Surabaya sejak tahun 1945.

Dulunya sate ini berada di Jalan Ondomoden yang berganti nama menjadi Jalan Walikota Mustajab No. 36.

Baca juga: 7 Jajanan Terkenal di Surabaya, Bisa Jadi Oleh-oleh

Seperti namanya, sate kelopo dihidangkan bersama dengan parutan daging kelapa yang menyelimuti semua bagian dari sate. Parutan kelopo ikut dibakar bersama sate hingga harum.

Sate sapi ini mengunakan bumbu kacang, tapi selain daging sapi Sate Kelopo Bu Asih juga mengunakan daging ayam, kambing, jeroan seperti usus, otot, dan sum-sum.

Usai dibakar di atas tungku api, sate disajikan dengan bumbu kacang, potongan bawang merah, cabai rawit, dan serundeng kelapa yang menambah gurih hidangan ini.

Seporsi sate kelopo daging sapi dihargai Rp 27.000, untuk sate kelopo ayam Rp 17.000. Sate Kelopo Bu Asih buka pukul 10.00-22.00 WIB.

8. Bubur ayam Mang Dudung
Bubur satu ini terkenal di kalangan anak muda Surabaya yang hobinya kelayapan cari camilan dan makanan untuk “ganjel” perut di tengah malam.

Bubur Mang Dudung merupakan makanan yang cocok bagi kamu yang enggan menyantap makanan berat seperti nasi.

Baca juga: Pergi ke Pasar Atom Surabaya, Cicipi 5 Kuliner Legendaris Ini

Satu porsi bubur ayam disajikan dengan aneka ragam topping. Ada irisan ati ampela, dada ayam suwir, dan telur ayam setengah matang. Lalu juga ada pangsit goreng mini, hingga taburan bawang goreng serta bubuk lada putih.

Agar tambah mantap, kamu bisa menyantapnya dengan kerupuk dan menambahkan sedikit cabai dan kecap asin.

Warung ini buka pukul 23.00-05.00. Warung bubur ayam Mang Dudung berlokasi di Jalan Kedungdoro Nomor 107, Kedungdoro, Tegalsari. Satu porsi bubur ayam spesial dihargai Rp 13.000.

By duniaku