9 Makanan Khas Malang Untuk Pencinta Kuliner Kekinian Dan Legendaris

9 Makanan Khas Malang Untuk Pencinta Kuliner Kekinian Dan Legendaris

Bagi kalian yang belum pernah ke Malang, kalian harus paling tidak sekali saja mengunjungi kota apel satu ini. Kota ini terkenal dengan hawanya yang menyegarkan. Apabila kamu merasa sumpek dengan udara perkotaan yang panas dan banyak polusi, kamu dapat berwisata ke Malang untuk menghilangkan kepenatan.

Selain udaranya yang segar, Malang terkenal dengan berbagai tempat wisatanya. Kota Batu juga terletak dekat dengan kota Malang, sehingga banyak orang berwisata ke dua kota ini sekaligus di akhir pekan. Kota Batu sendiri memang memiliki banyak tempat hiburan yang cocok untuk pergi bersama keluarga dan teman.

Jalan-jalan ke Malang belum afdol apabila kamu belum mencoba makanan khasnya. Banyak sekali makanan khas Malang yang memiliki cita rasa khas namun harganya tetap terjangkau. Kunjunganmu akan lebih lengkap dengan mencicipi makanan lezat di Malang.

Sebenarnya, apa saja sih makanan khas Malang yang bisa kamu coba? Berikut ini adalah sembilan makanan khas Malang yang tidak boleh kamu lewatkan saat berwisata ke Malang!

1. Sate Kelinci
Sumber gambar: Wikimedia CommonsKebanyakan orang enggan makan sate kelinci karena takut dan kasihan dengan kelincinya. Orang sudah nyaman memakan sate daging sapi dan sate daging ayam, sehingga tidak merasa harus mencoba sate kelinci. Padahal, daging kelinci memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Apa aja sih manfaat memakan daging kelinci? Sate ini memiliki banyak khasiat untuk sistem pernapasan manusia, terutama dalam menyembuhkan penyakit asma. Selain itu, rasa daging kelinci pun sama empuknya dengan daging ayam. Usia kelinci sekitar 4-6 bulan adalah usia yang tepat untuk dikonsumsi sebagai makanan.

Nah, kota Malang sendiri terkenal dengan makanan sate kelincinya. Banyak wisatawan berbondong-bondong dari luar kota hanya untuk mengicipi rasa sate kelinci khas Malang. Oleh karena itu, sate kelinci Malang merupakan kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan.

Saat kamu berwisata ke Malang, kamu bisa mampir ke Sate Kelinci Kuda Karangploso. Berikut ini alamat lengkap dan jam buka tempatnya:

Sate Kelinci Kuda Karangploso

Jalan Raya Kepuharjo, Pasar Wisata Kepuharjo Blok C19 Kec. Karang Ploso, Kota Malang, Jawa Timur

Jam buka: 08.00-22.00 WIB

Telepon: Artikel lainnya:

2. Orem-orem
Sumber gambar: Instagram.com/brojajanOrem-orem merupakan masakan khas Malang yang dibuat dari tempe dan ayam. Tempe akan diiris tipis dan akan dimasak dengan ayam menggunakan kuah santan yang kental. Orem-orem biasanya dinikmati dengan irisan ketupat dan tauge, disiram menggunakan kuah santan yang hangat.

Orem-orem termasuk makanan yang unik karena cara memasaknya yang berbeda dengan cara memasak hidangan lain. Orem-orem dimasak dengan bahan bakar arang dan bukan kompor biasa. Selain itu, bahan tempe untuk membuat orem-orem merupakan tempe khas Malang yang memiliki cita rasa unik.

Saat kamu berwisata ke Malang, kamu bisa mampir ke Warung Orem-orem Pak Tik yang legendaris. Warung ini ramai dengan pengunjung meski sajian makanannya terlihat sangat sederhana. Untuk menemukan warung ini, kamu dapat melihat adanya pajangan ketupat berukuran besar yang terletak di depan warung.

Warung Orem-Orem

Jl. Irian Jaya No.1, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

Jam buka: 10.00-04.00 WIB

Telepon: . Cwimie
Sumber gambar: Instagram.com/cwiemiemalang.masalifApa sih cwimie itu? Cwimie adalah hidangan mie yang disajikan dengan daging ayam, pangsit goreng renyah, daun bawang, dan bawang goreng gurih. Cwimie memiliki cita rasa yang khas dan menggugah lidah.

Kota Malang memang terkenal dengan hidangan cwimie-nya yang enak dan gurih. Biasanya, cwimie dinikmati bersama dengan minuman Fosco, yaitu minuman dari zaman Belanda yang biasanya disajikan dalam botol soda. Minuman Fosco ini berwarna cokelat dan mengandung susu yang sangat creamy.

Untuk menikmati hidangan cwimie khas Malang, kamu dapat mengunjungi Depot Hok Lay. Jangan lupa untuk juga mencicipi lumpia legendaris dari depot ini. Kamu dapat menunjungi Depot Hok Lay di:

Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 10, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

Jam buka: 09.00 – thirteen.30 dan 17.00 – 20.30 WIB

Telepon: (0341) . Bakpao
Sumber gambar: Instagram.com/lindachristianiBakpao adalah makanan yang banyak ditemui di berbagai tempat. Kamu dapat menemui bakpao dijual oleh pedagang kaki lima hingga dijual di restoran high class yang mematok harga tinggi. Hidangan asli Tiongkok ini digemari oleh lidah orang Indonesia.

Bakpao bisa dijadikan hidangan untuk makan pagi, sebagai asupan untuk memulai hari. Namun bakpao juga bisa dijadikan camilan di saat bosan atau lapar pada tengah-tengah hari. Sering kali, bakpao dijadikan oleh-oleh untuk teman dan keluarga pada saat habis berpergian.

Nah, kamu dapat mampir ke toko penjual bakpao khas Malang dan membelinya sebagai oleh-oleh untuk diberikan saat pulang ke tempat asal. Terlebih lagi, bakpao tentunya terdiri atas berbagai macam rasa sehingga penerima dapat memakan bakpao yang sesuai dengan selera lidahnya masing-masing.

Salah satu bakpao yang paling legendaris di Malang adalah Bakpao Boldy. Bakpao ini sudah menjadi kesukaan orang-orang Malang sejak tahun 1950. Harga bakpao yang terjangkau juga menggoda orang untuk terus-menerus membelinya.

Bakpao Boldy dipatok dengan harga Rp9.000 per biji. Kamu dapat memilih bakpao dengan varian kesukaanmu. Ada bakpao isi pasta kacang hitam, isi babi, isi ayam, dan lain-lain. Bakpao Boldy dijamin bebas pengawet dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Bakpao ini bebas dari bahan kimia dan pemutih sehingga baik untuk tubuh.

Yuk, kunjungi Bakpao Boldy saat berwisata ke Malang!

Jl. Mangun sarkoro No.25, Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

Jam buka : 07.00-17.00 WIB

Telepon: (0341) . Ronde
Sumber gambar: Instagram.com/ferryakDi tengah udara Malang yang dingin, tentunya akan lebih cocok apabila ditemani oleh angsle dan ronde hangat khas Malang. Hidangan ini cocok bagi kalian yang ingin kongko bersama menikmati udara malam tanpa kedinginan. Selain itu, ronde dan angsle juga mengandung bahan-bahan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Bayangkan nikmatnya menyeruput kuah hangat berbau jahe angsle, beserta renyahnya ronde kering yang lezat di lidah. Dua hidangan ini akan membuat kunjunganmu ke Malang menjadi lebih istimewa.

Kamu dapat mampir ke Kedai Angsle dan Ronde Titoni yang terletak di Kota Malang. Kedai ini sudah buka dari tahun 1948, yaitu seventy one tahun yang lalu! Coba bayangkan, mana ada kedai yang bisa bertahan sebegitu lamanya apabila makanan yang dijual tidak enak. Lamanya kedai ini berdiri menandakan hidangannya yang spesial di hati orang-orang Malang.

Kamu dapat mampir ke Kedai Angsle dan Ronde Titoni dan mencicipi racikan resep rahasia ronde dan angsle mereka. Resep berumur 70 tahun ini benar-benar unik dan tidak bisa dibandingkan dengan ronde dan angsle di luaran sana. Harga hidangannya juga terjangkau, hanya sekitar Rp4.000 hingga Rp12.000. Sangat ramah sekali bagi kantong wisatawan! Kamu dapat mengunjungi Kedai Angsle dan Ronde Titoni dengan alamat di bawah ini.

Jl. Zainul Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen

Kota Malang, Jawa Timur

Jam buka: 18.00 – 00.00 WIB

Telepon: (0341) . Rawon
Sumber gambar: @Instagram.com/lilyswandayaniRawon merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Kuah rawon yang gurih dan penuh dengan cita rasa rempah-rempah ini digemari oleh lidah orang Indonesia. Kota Malang juga memiliki hidangan rawon khasnya sendiri.

Hidangan rawon ini terbuat dari daging sapi dan memiliki warna kuah hitam. Bumbu kluweklah yang membuat kuah rawon berwarna hitam dan gurih. Semua komponen dari rawon terpadu menjadi hidangan yang memanjakan lidah.

Apabila kamu mengunjungi kota Malang, maka kamu wajib mengunjungi restoran Malang yang terkenal ini, yaitu Rawon Nguling Malang. Restoran makanan ini telah berdiri sejak tahun 1983 dan dikenal oleh masyarakat Malang.

Rawon ini dinamakan Nguling Malang karena berasal dari Kecamatan Nguling yang terletak di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Di tempat ini, kamu juga dapat mencoba makanan lainnya, yaitu perkedel, babat, dan lain-lain. Kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp35.000 hingga Rp50.000 untuk menikmati makanan khas ini.

Yuk, kunjungi Rawon Nguling yang berlokasi di:

Jalan Zainul Arifin No.sixty two, RT.01/RW.01, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

Jam buka: 07.00 – 15.30 WIB

Telepon: (0341) . Nasi Pecel
Sumber gambar: Instagram.com/pecelkawiNasi pecel adalah makanan sejuta umat. Siapa orang Indonesia yang belum pernah makan nasi pecel sebelumnya? Semuanya pasti pernah memakan nasi pecel paling tidak sekali dalam hidupnya.

Makanan ini terdiri dari nasi hangat yang ditambahi dengan siraman sambal kacang, rebusan sayur segar, dan peyek. Terdapat banyak sayuran pula dalam makanan ini, seperti tauge, kangkung, daun kemangi, dan kacang panjang. Kandungan sayuran dalam nasi pecel membantu memenuhi nutrisi serat dan vitamin untuk tubuh.

Nasi pecel biasanya disantap untuk makan pagi. Gizi yang banyak dari bahan-bahan pecel membantu menambah energi untuk menghadapi aktivitas seharian. Kota Malang sendiri memiliki nasi pecel yang khas dan unik.

Salah satu kedai yang menjual nasi pecel khas Malang adalah Pecel Kawi 1975. Pecel ini memiliki cita rasa yang otentik karena sudah berdiri lama. Kedai ini telah berdiri selama forty four tahun dan digemari oleh banyak penduduk di Malang.

Kedai ini ramai dikunjungi orang-orang karena makanannya yang lezat namun harganya tetap terjangkau. Apabila kamu mengunjungi tempat ini pada saat liburan, pastikan kamu datang pagi-pagi sebelum kedai penuh dengan orang. Tempat ini akan semakin ramai apabila menjelang jam sarapan dan jam makan siang.

Apabila kamu malas mengantri, kamu dapat menyantap hidangan ini melalui aplikasi online. Pesanlah makanan ini secara online menggunakan aplikasi dan kamu dapat memakannya di kamar hotel dengan santai.

Nasi pecel ini dipatok dengan harga sekitar Rp14.000. Selain itu, lauk-pauknya dihargai Rp2.000 hingga Rp15.000. Gimana, murah bukan? Mari sempatkan untuk mampir ke Pecel Kawi 1975 ini saat berwisata ke Kota Malang.

Jl. Kawi Atas No.43B, Kota Malang, Jawa Timur

Jam buka: 06.00 – 19.00 WIB

Telepon: (0341) . Ketan
Sumber gambar: Instagram.com/nike_restantyaSetelah makan, sebagian besar orang tentunya ingin memakan yang manis-manis. Hidangan manis biasanya cocok untuk dijadikan hidangan penutup sesudah makan. Salah satu hidangan manis yang dapat dinikmati oleh banyak orang adalah ketan.

Ketan berasal dari olahan beras ketan yang disajikan bersama dengan kelapa parut dan kelapa bubuk. Saat berwisata ke Malang, kamu harus menyempatkan diri untuk mampir ke Pos Ketan Legenda. Tempat ini sudah berdiri dari tahun 1967 sehingga sudah menjadi makanan legendaris bagi warga Malang.

Tempat makan ini terletak di dekat alun-alun Batu, namun di bagian Selatannya. Ketan di tempat ini disajikan dengan banyak rasa sesuai dengan selera tiap individu. Kamu dapat menikmati ketan keju susu, ketan ayam pedas, bahkan ketan gurih. Harga ketan di Pos Ketan Legenda terjangkau dan hanya dipatok sekitar Rp. 7.000 hingga Rp. 12.000.

Untuk mengunjungi Pos Ketan Legenda, kamu dapat langsung menuju ke alamat di bawah ini.

Jl. Kartini No. 6, Ngaglik, Batu, Sisir, Kec. Batu, Kota Malang, Jawa Timur

Jam buka: 10.00 – 02.00 WIB

Telepon: . Soto
Sumber gambar: Instagram.com/merli_sansanKuah soto yang gurih dan hangat, disantap dengan koya yang renyah, sangat menggoda di lidah. Soto merupakan makanan yang biasa dimakan oleh masyarakat Indonesia sehari-hari. Apabila kamu sedang ingin menikmati makanan hangat yang berkuah, soto merupakan solusi yang pas untukmu.

Soto memang banyak ditemui dari berbagai tempat di Indonesia. Ada soto ayam Lamongan, soto Madura, soto Kediri, dan banyak macam soto dari berbagai kota lainnya. Begitu pula dengan Kota Malang yang memiliki soto khasnya sendiri.

Apabila kamu ingin mencoba soto khas di Kota Malang, kamu dapat mengunjungi Soto Ayam Lombok. Tempat ini legendaris karena telah menjual soto dari tahun 1955. Nama tempatnya adalah Soto Ayam Lombok karena lokasinya terletak di Jalan Lombok. Harga soto ayam ini termasuk murah karena dihargai Rp25.000 per porsi.

Soto Ayam Lombok

Alamat: Jl. Lombok No. 1, Kasin, Kota Malang, Jawa Timur

Jam buka: 07.00 – 00.30 WIB

Telepon: (0341) Demikianlah sembilan makanan khas Malang yang dapat kamu kunjungi! Apabila kamu ingin berkunjung ke Malang, kamu dapat memesan hotel menggunakan situs-situs belanja online Indonesia. Dengan bantuan aplikasi ShopBack Indonesia, kamu akan mendapatkan banyak cashback yang bisa menghemat price range wisatamu. Tunggu apa lagi? Apabila belanja online, awali dengan ShopBack dan akhiri dengan cashback!

Baca juga:

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris enim mattis magnis senectus montes mollis phasellus.