9 Tempat Kuliner Semarang Yang Wajib Anda Cicipi!

9 Tempat Kuliner Semarang Yang Wajib Anda Cicipi!

Berbicara tentang liburan, pasti tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas destinasi wisata yang kita kunjungi. Kuliner di Indonesia sangatlah beragam dan memiliki rasa yang tidak Anda dapatkan di Negara lain. Nah, untuk kalian yang ingin liburan ke Semarang, atau mungkin tinggal di sekitaran Semarang,RedDoorz akan mengulas berbagai tempat kuliner Semarang yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, teman ataupun kerabat. Yuk simak artikel lengkapnya!

Soto Bangkong

Kuliner soto merupakan sajian yang relatif mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia, demikian juga saat Anda berkunjung ke Semarang. Salah satu tempat soto paling terkenal di kota ini adalah Soto Bangkong. Tempat kuliner Semarang ini sudah melayani pembeli sejak tahun 1950-an. Satu porsi Soto Bangkong berisi ayam suwir, irisan tomat, bihun, tauge, serta taburan bawang merah dan bawang putih. Penyajiannya dilengkapi dengan kuah bening kecokelatan yang muncul dari campuran kecap. Kuliner khas ini bisa Anda nikmati dengan harga Rp 10.000 saja per porsi. Selain menawarkan sajian soto, Anda juga bisa menyantap menu-menu lain seperti misalnya ayam goreng, garang asem, sate ayam, sate kerang, sate telur puyuh, dll.

Alamat: Jl. Brigjen Katamso – Semarang.

Mie Kopyok Pak Dhuwur

Tempat kuliner Semarang lain yang tidak kalah melegenda adalah Mie Kopyok Pak Dhuwur. Berlokasi tidak jauh dari Stasiun Semarang Poncol, tempat ini selalu dipadati oleh pengunjung. Mie Kopyok Pak Dhuwur menyajikan campuran mi basah yang telah direbus terlebih dahulu, potongan-potongan tahu goreng, irisan lontong, remukan kerupuk gendar, tauge, ditambah potongan daun seledri dan bawang goreng. Siraman kuah yang kecokelatan akan memperkuat kelezatannya yang khas. Anda bisa menyantap satu porsi mi kopyok, seharga Rp 18.000, bersama dengan kerupuk beras. Jika Anda penggemar makanan pedas, Anda juga bisa menambahkan sambal kacang uang juga memiliki ciri khas yang unik. Tempat kuliner Semarang ini buka sejak jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Alamat: Jl. Tanjung No.18A, Sekayu – Semarang.

Nasi Goreng dan Gongso Babat Pak Karmin

Nasi Goreng dan Gongso Babat Pak Karmin atau dikenal juga dengan Nasi Goreng Babat Mberok, merupakan salah satu tempat kuliner Semarang yang legendaris. Pak Karmin memulai usahanya sejak tahun 1954, dengan berjualan di alun-alun, kemudian pada tahun 1971, tempat makan ini pindah lokasi ke samping jembatan Mberok. Disajikan dengan alas berupa daun pisang dan potongan telur dan acar mentimun, Anda bisa memilih berbagai macam campuran dari nasi goreng seperti ati, babat, limpa, paru dan lainnya. Sedangkan babat gongso sendiri merupakan sajian berisi potongan babat dan jeroan yang dimasak hingga empuk dan disajikan dengan bumbu kecap. Satu porsi nasi goreng babat dihargai Rp 18.000, sementara gongso babatnya berharga sekitar Rp 25.000 saja.

Alamat: Jl. Inspeksi 1, Kauman – Semarang

Lumpia Gang Lombok

Semarang sangat identik dengan lumpia. Ketika singgah di Semarang, sudah pasti Anda akan berburu kuliner khas ini. Sebelum Anda membungkusnya untuk oleh-oleh, nikmati dahulu cita rasanya di Lumpia Siem Swie Kiem. Nama bekennya adalah Lumpia Gang Lombong karena beralamat di daerah Gang Lombok – Semarang. Tempat kuliner Semarang ini berisi rebung, namun tidak perlu khawatir karena rebung yang disajikan tidak terlalu dominan. Buka dari jam eight pagi sampai jam 5 sore, untuk mendapatkan lumpia ini Anda perlu antri sekitar 30 menit sampai satu jam loh!

Alamat: Jalan Gang Lombok No.eleven, Purwodinatan, Kauman – Semarang.

Tahu Gimbal Pak Edy

Tahu Gimbal memang sudah terkenal sebagai salah satu kuliner favorit di Semarang. Kunjungan Anda dipastikan belum lengkap, kalau tidak menikmati olahan tahu bercampur udang ini. Anda bisa menikmati lezatnya tahu gimbal ini dari sore sampai malam hari. Tahu gimbal sendiri berisi campuran irisan lontong, sayur kol, telur, tauge dan taburan bawang goreng beserta kerupuk. Tahu Gimbal Pak Edy disajikan dengan bumbu kacang yang tidak encer dan banyak, sehingga kenikmatannya terasa merata. Jika Anda adalah penggemar pedas, di tempat kuliner Semarang ini Anda juga bisa memesan tingkat kepedasan sesuai selera.

Alamat: Jl. Kelud Raya No. 46 c – Semarang.

Bakmi Jawa Pak Gareng

Olahan mi tentunya menjadi salah satu sajian kuliner yang paling banyak digemari berbagai lapisan masyarakat. Apabila Anda hendak berburu mi di Semarang, kuliner Bakmi Jawa Pak Gareng ini adalah tempat makan yang sangat cocok. Di sini Anda dapat memesan variasi bakmi kuah dan bakmi goreng. Selain bakmi, tempat kuliner Semarang ini juga menawarkan menu nasi ruwet. Berbentuk olahan nasi goreng yang dicampur mi serta ayam atau sate kambing, menu aternatif ini juga tidak kalah kelezatnya dari bakmi jawa loh!

Alamat: Jl, Wotgandul Dalam No. 177, Gabahan – Semarang.

Mangut Welut Warung Bu Nasima

Belut merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki daging paling gurih. Ikan yang kaya gizi ini sangat mudah diolah. Anda bisa menikmatinya dengan cara digoreng kering, bisa juga diolah menggunakan santan kental atau sering disebut mangut. Penyedia mangut yang paling terkenal di Semarang adalah Warung Bu Nasima. Racikan bumbu kuah mangut yang pedas, ditambah belutnya yang gurih dan empuk dijamin membuat Anda ketagihan. Cicipi juga aneka hidangan lain seperti ikan belanak goreng, ayam goreng, nilai bumbu rujak, garang asem, lele goreng, keong bumbu pedas, dll. Tempat kuliner Semarang ini siap melayani Anda dari hari Senin sampai Sabtu, mulai dari jam 6 pagi sampai jam four sore.

Alamat: Jalan Menoreh Raya Nomor 10 – Semarang.

Pisang Plenet

Sesuai namanya, pisang plenet merupakan pisang bakar yang dibuat dengan cara ditekan hingga pipih. Penyajiannya menggunakan aneka toping, seperti misalnya cokelat, keju, selai stroberi, selai nanas dan kacang. Walaupun terlihat sederhana, tempat kuliner Semarang ini termasuk legendaris karena sudah melayani pembeli sejak 1960an. Sati porsi pisang plaenet dihargai Rp 4.000 saja.

Alamat: Jalan Pemuda – Semarang.

Es Puter Cong Lik

Es Cong Lik menyediakan banyak sekali pilihan es puter seperti es puter colelat, kopyor, leci, sirsak, kelengkeng, blewah, alpukat, kacang dan durian. Pilih saja sesuai selera Anda karena semua rasanya menawarkan kelezatan yang tidak berbeda. Porsi es puter yang disajikan tidak terlalu besar, namun cukup padat dengan komposisi 1-2 scoop es krim, Untuk ukurang warung tenda yang tempatnya tidak terlalu besar, harga es Puter Cong Lik relative terjangkau, yakni sekitar Rp 10.000-12.000.

Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan A No. eleven, Karangkidul – Semarang.

Itulah tadi beberapa rekomendasi Tempat Kuliner Semarang yang wajib untuk Anda kunjungi saat liburan. Untuk Anda yang ingin berwisata ke Semarang, kini RedDoorz jga hadir si sini sebagai penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap!

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris enim mattis magnis senectus montes mollis phasellus.