Jogja adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki pesona memikat, dari segi wisata budaya hingga wisata kuliner Jogja. Sehingga tidak salah jika kota ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Indonesia. Dan bisa di jadikan sebagai tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan.
Mungkin sudah tidak asing lagi jika Jogja terkenal akan kebudayaannya yang kental sehingga menjadi daya tarik wisata yang memikat. Tapi jangan lupa juga dengan wisata kulinernya juga tidak kalah menariknya. Kota ini memiliki beragam wisata kuliner yang menggugah selera, salah satunya yang terkenal ialah gudeg Jogja.
Siapa sih yang tidak mengenal gudeg Jogja, kuliner khas daerah istimewa Yogyakarta ini sangat terkenal hingga keluar daerah. Gudeg menjadi andalan salah satu destinasi wisata kuliner Jogja banyak di cari wisatawan. Banyak yang menjadikannya oleh-oleh nikmat saat berkunjung ke daerah ini.
Tapi tunggu dulu jika berkunjung ke daerah ini Anda bisa menikmati beragam wisata kuliner Jogja yang nikmat. Tidak hanya gudeg saja tapi bisa menikmati berbagai menu kuliner lainnya yang tidak kalah nikmatnya, tentunya dengan berkunjung ke berbagai spot-spot terkenal paling enak di Jogja.

Wisata Kuliner Jogja Terkenal Paling Enak dan Recomended
Jalan-jalan biasanya memang identik dengan wisata kuliner, mencicipi berbagai menu masakan yang ada di sebuah lokasi wisata adalah salah satu kenikmatan tersendiri yang tidak bisa di lewatkan begitu saja. Apalagi jika lokasi wisata tersebut terkenal akan berbagai kulinernya yang nikmat.
Tentu ini akan menjadi pengalaman liburan yang tidak akan terlupakan, salah satunya seperti daerah Jogja yang terkenal akan wisata kulinernya. Sehingga jika Anda berkunjung ke wisata kuliner Jogja tidak akan menyesal, tapi sebelum berkunjung ke daerah ini ada baiknya mengetahui spot-spot kuliner Jogja yang terkenal enak.
Bagi Anda yang baru berkunjung ke tempat ini pasti bingung di mana mencari lokasi makan dan nongkrong yang enak di Jogja, jangan khawatir berikut ini akan kami berikan beberapa spot-spot enak untuk makan dan yang paling terkenal di Jogja antara lain sebagai berikut.

1. Angkringan Lik Man
quincolombohotel.com

Jogja selain terkenal akan kota budaya juga terkenal sebagai kota pendidikan, bisa di bilang Jogja sebagai kota pelajar. Banyak mahasiswa yang datang dari luar kota menuntut ilmu di sini, sehingga tidak salah jika banyak terdapat tempat-tempat makan murah meriah yang cocok untuk pelajar.
Salah satunya adalah angkringan yakni semacam warung kecil pinggir jalan yang biasanya di gunakan untuk tempat ngopi anak-anak muda. Tidak hanya ngopi saja tapi juga bisa menikmati berbagai menu makanan murah meriah yang mengenyangkan seperti sego kucing dll.
Angkringan di Jogja bisa di katakan sudah menjadi budaya tidak hanya sekedar tempat untuk makan dan ngopi saja, sehingga jika Anda berkunjung ke Jogja tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat ini. Dan salah satu angkringan yang paling terkenal di Jogja ialah angkringan Lik Man.
Angkringan ini bisa menjadi salah satu wisata kuliner jogja yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja, menghidangkan menu spesial yakni kopi joss yakni kopi yang cara menghidangkannya di campur dengan arang yang masih panas sehingga saat di tuang ke kopi akan terdengar suara joss.

2. Gudeg Pawon
Klikhotel.com

Seperti yang sudah di sebutkan wisata kuliner Jogja memang terkenal akan makanan khasnya yakni gudeg, jadi jika Anda berkunjung ke tempat ini tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh makanan ini. Tapi bingung di mana mencari masakan gudeg yang paling nikmat dan terkenal di Jogja?.
Jangan khawatir di Jogja ada beberapa tempat yang menjual gudeg dengan rasa yang enak salah satunya yakni Gudeg Pawon. Bisa di bilang lokasi wisata kuliner jogja ini cukup terkenal bahkan sudah berdiri sejak tahun 1958, sehingga jangan tanya lagi bagaimana rasanya?.
Apalagi keistimewaan dari Gudeg Pawon akan melayani pelanggannya langsung dari dapur yang biasanya dalam bahasa jawa di sebut dengan pawon. Sehingga terasa lebih klasik dan tradisional citarasa masakannya tetap terjaga, selain itu dalam proses memasaknya juga masih menggunakan tungku kayu sederhana yang semakin membuat citarasa Gudeg Pawon ini semakin nikmat.

three. Sate Klatak Pak Pong
wiratourjogja.com

Salah satu wisata kuliner jogja yang cukup menggugah selera yakni Sate Klatak Pak Pong, apa sih keistemewaan sate ini di bandingkan dengan sate pada umumnya?. Menu kuliner sate memang banyak di Indonesia dan bisa dengan mudah di temui di manapun, sehingga kita sudah acquainted dengan menu satu ini.
Tapi berbeda halnya dengan Sate Klatak Pak Pong ini, di Jogja sendiri tempat ini sudah cukup terkenal. Dari namanya saja sudah unik penyebutan kata klatak, apa itu? Yakni kata tersebut di ambil dari suara klatak-klatak dari proses pembakaran sate yang menggunakan jeruji besi bukan tusuk sate seperti halnya sate pada umumnya.
Sehingga menjadikan menu ini cukup unik dan jangan sampai Anda lewatkan, apalagi rasanya juga nikmat perpaduan khas bumbu sederhana yang hanya menggunakan daging kambing di bumbui merica, garam dan kecap serta di tambah lagi ciri khas dari proses pemasakan unik menjadikannya tiada dua.

four. House of Raminten
thetravelintern.com

Ketika mendengar kata House of Raminten yang terlintas di benak bisa jadi destinasi wisata kuliner jogja ini cukup modern, karena menggunakan bahasa inggris. Tapi jika mendengar kata raminten yang identik dengan nama-nama wanita jawa pasti akan membuat semakin penasaran dengan tempat makan ini.
Tempat makan yang berlokasi di jalan FM Noto 7, kota baru ini memang cukup unik, tidak hanya namanya saja tapi juga konsep tempatnya yang berbeda dengan tempat makan pada umumnya. Wisata kuliner Jogja ini cukup terkenal dan menjadi destinasi pilihan tidak hanya untuk tempat makan saja tapi bisa juga untuk tempat nongkrong yang enak.
House of Raminten sendiri adalah restoran yang memiliki konsep unik perpaduan antara fashionable dan tradisional yang elegan, tempat ini cukup berkelas dengan arsitektur cukup wah dengan konsep arsiektur jawa kental namun tidak terlihat kuno. Disini menyediakan berbagai menu pilihan seperti tahu bola, wedang jahe, cunduk, brongkos dll.

5. Banyu mili Contry Club
banyumiliresto.com

Banyu mili Contry Club adalah salah satu wisata kuliner Jogja yang juga cukup terkenal, tempat ini sangat cocok di jadikan destinasi wisata karena tidak hanya sebagai tempat untuk makan tapi juga bisa di gunakan untuk rekreasi keluarga. Sehingga bagi Anda yang sedang melakukan liburan rame bersama keluarga bisa berkunjung kesini.
Banyu mili Contry Club sendiri adalah sebuah tempat rekreasi yang tidak hanya menyediakan berbagai menu kuliner yang enak saja, tapi disini Anda bisa berkreasi menikmati keindahan alam dari berbagai wahana yang tersedia seperti kolam renang, danau buatan dan hutan.
Sambil menikmati pemAndangan yang indah di sini Anda juga bisa menikmati berbagai hidangan yang enak seperti kepiting telur, udang bakar madu, gurame bakar, ayam goreng, cumi bakar dll. keistimewaan lain dari tempat ini semua bahan-bahan masakan yang akan di hidangkan di jamin contemporary karena budidaya sendiri.

6. Bong Kopitown
objekwisatapopuler.com

Destinasi wisata kuliner Jogja lainnya yang tidak kalah menarik dan cukup terkenal di kota ini ialah Bong Kopitown. Tempat ini sangat recomended bagi Anda yang menyukai sesuatu yang unik, berbeda tidak seperti halnya tempat makan pada umumnya tempat makan ini memiliki konsep yang unik dan menarik yakni konsep penjara.
Jadi disini Anda selain menikmati kudapan lezat juga akan merasakan sensasi seperti berada di dalam penjara, karena kosep yang di usungnya sendiri mengadopsi ruangan seperti halnya di dalam penjara lengkap dari sekat jeruji besi hingga sipir penjara yang merupakan karyawan dari tempat makan ini.
Disini Anda akan terpuaskan dengan berbagai hidangan yang di suguhkan antara lain seperti sapo tahu, rendang spicy noodle, kopi tetes dll. Keunikan lainnya dari daftar menu yang di sodorkan waitress juga berkonsep seperti selembar koran, sehingga berasa seperti halnya di sebuah penjara sungguhan.

7. Mie Telap 12
indonesian-recipes.com

Jogja memiliki berbagai tempat- tempat kuliner yang enak dan cukup terkenal salah satunya yakni Mie Telap 12. Meskipun yang di hidangkan di tempat hanya berbagai olahan mie instan yang mungkin rasanya stAndar seperti itu-itu saja, tapi Anda tidak akan kecewa karena cara penyajiannya yang cukup unik.
Karena salah satu destinasi wisata kuliner Jogja tidak hanya sekedar menghidangkan mie instan biasa yang alakadarnya. Tapi lebih ke cara penyuguhannya yang cukup unik yakni dengan penyuguhan mie instan persis mirip dengan gambar yang ada di bungkus mie, jadi tempat ini jangan sampai Anda lewatkan.

eight. Kalimilk Yogyakarta
GoTravelly.com

Jika Anda adalah seseorang yang menyukai tempat-tempat nongkrong yang asik dan nyaman untuk bersantai dan ngobrol-ngobrol mungkin piihan Kalimilk Yogyakarta adalah pilihan tepat. Yakni sebuah coffe store yang cukup terkenal di Jogja, tempat ini bisa Anda jadikan pilihan destinasi wisata kuliner jogja berikutnya saat berkunjung ke kota ini.
Memiliki keunikan di bandingkan dengan coffe store lainnya karena hampir semua menu yang di sajikan terbuat dari produk olahan susu.

9. Manggar Manding
quincolombohotel.com

Salah satu destinasi wisata kuliner Jogja lainnya yang juga masih berhubungan dengan gudeg ialah Manggar Manding. Tapi tempat ini memiliki perbedaan di bandigkan dengan gudeg-gudeg yang ada di Jogja karena dalam proses pembuatan gudeg disini menggunakan bunga kelapa yang masih muda atau dalam bahasa Jawa di sebut dengan manggar.
Itulah 9 wisata kuliner jogja terkenal paling enak bisa Anda jadikan referensi saat berkunjung ke Jogjakarta, selain terkenal akan kota budaya dan kota pelajar Jogja juga tidak kalah dalam segi kulinernya yang menggugah selera.

By duniaku