APA TUJUAN DAN MANFAAT SOFTWARE AKUNTANSI? BERIKUT ULASANNYA

Hallo para pembaca setia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tujuan dan manfaat software akuntansi. Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata akuntansi? Pasti perhitungan, pengelolaan arus kas, keuangan, dan sebagainya.

Akuntansi adalah proses melaporkan keuangan suatu perusahaan atau instansi bahkan pribadi melalui pengelolaan data, pengklarifikasian, meringkas data dalam upaya memberi kepastian dan membuat keputusan terhadap sumber daya keuangan.

Setiap perusahaan atau badan usaha biasanya memiliki departemen keuangan untuk menangani masalah akuntansi. Dalam membuat laporan akuntasi harus rinci dengan menggunakan data real time saat itu, hal ini untuk menghindari masalah/ risiko keuangan yang dapat merugikan perusahaan.

Untuk memudahkan pengerjaan laporan akuntansi setiap perusahaan pastinya menggunakan software akuntansi berbasis komputerisasi. Ketika memilih software akuntansi perusahaan tentu sudah memikirkan tujuan dan manfaat menggunakannya.

Berikut adalah tujuan dan manfaat dari software akuntansi pada suatu badan usaha:

TUJUAN SOFTWARE AKUNTANSI

Software akuntansi sangat membantu perusahaan dalam mengelola keuangannya secara tepat dan cepat. Tidak heran jika akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelaopan keuangan. Berikut tujuan dari software akuntansi antara lain:

1. Pengelolaan data

Mengelola data keuangan mulai dari arus kas, pajak, hutang piutang, jurnal hingga buku besar hanya dengan melakukan peng-inputan data real time pada saat itu. Antar satu laporan dengan laporan yang lain akan selalu berkaitan dalam aktivitas dan transaksi.

2. Memproses data

Lebih mudah memproses data keuangan menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan dalam suatu badan usaha. Tidak hanya itu informasi dari data akuntasi tersebut akan mempermudah perusahaan dalam perencanaan dan pengendalian usaha.

3. Kontroler

Membantu melakukan kontrol keuangan secara rinci dan tepat terhadap aset perusahaan serta hukum penyusutan. Hal ini juga membantu divisi keuangan untuk meminimalisir tindakan yang dapat merugikan perusahaan.

4. Efisien

Menghemat biaya serta waktu terhadap pengelolaan keuangan dan pelaporannya.

5. Akurat

Menyajikan data keuangan secara rinci dan akurat softwareatis dalam periode akuntansi real time. Data akuntansi keuangan yang sudah disimpan bertahun – tahun lalu juga mudah untuk dicari jika ada audit.

MANFAAT SOFTWARE AKUNTANSI

Memiliki software akuntansi tidak hanya untuk memenuhi tujuan dari perusahaan namun juga mampu memberikan beberapa manfaat penting dalam badan usaha. Berikut manfaat dari software akuntansi antara lain:

  1. Mempermudah operasional keuangan suatu perusahaan untuk mendapatkan software akuntasi yang tepat dan akurat pada saat itu.
  2. Mempermudah pengambilan keputusan terhadap kemajuan usaha/ bisnis serta menganalisa masalah keuangan yang sedang terjadi.
  3. Meningkatkan sharing knowledge antara atasan dengan bawahan maupun rekan kerja dalam suatu perusahaan.
  4. Meningkatkan efisiensi berbisnis antar divisi maupun antara perusahaan terkait.
  5. Mengurangi biaya produksi dari produk atau jasa yang dihasilkan suatu badan usaha.
  6. Memudahkan pelaporan SPT wajib pajak perusahaan setiap tahunnya, karena data sudah tersimpan dengan tepat dan rinci.
  7. Menghemat waktu dalam membuat laporan keuangan dibandingkan dengan membuat laporan keuangan secara manual

Ada banyak pilihan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangan dalam suatu perusahaan. Menjalankan software akuntansi secara tepat akan mampu membangun kegiatan bisnis perusahaan berjalan dengan efektif, efisien, dan membawa nilai positif untuk perkembangan perusahaan.

Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik

Jurnal.id merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Source website Jurnal menginfokan, Dengan menggunakan software ini, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal.id menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Bagaimana Cara Mendapatkan Software Akuntansi Dari Jurnal?

Untuk bisa mendapatkan software akuntansi dari Jurnal anda hanya perlu melakukan pembelian aplikasi akuntansi dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk paket Starter anda hanya perlu membayar biaya 199 ribu saja. Untuk paket Pro biayanya adalah 299 ribu, sementara untuk paket Enterprise biayanya adalah 499 ribu.

Nah kini tentu Anda sudah memahami Bagaimana kemudahan penggunaan software akuntansi beserta dengan keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika memiliki aplikasi ini. Bagi Anda yang tertarik menggunakan software ini tetapi belum yakin untuk membelinya maka bisa mencoba versi software free trial selama 14 hari. Untuk caranya tentu mudah yaitu anda hanya perlu melakukan pendaftaran saja lalu langsung download aplikasinya. Lewat program Jurnal by Mekari kembangkan bisnis anda sekarang juga. Karena Jurnal adalah pilihan untuk software pengelola keuangan terbaik di Indonesia saat ini.

Demikian beberapa fitur yang ada pada software akuntansi online dari Jurnal. Tentu saja kemudahan sangat bisa anda dapatkan dari satu program akuntansi untuk semua kebutuhan bisnis anda. Terlebih software sudah dicatat secara otomatis sehingga sangat akurat dan tepat waktu.

Jurnal by Mekari juga merupakan penyedia aplikasi akunting yang sangat profesional dengan lebih dari 20.000 pelanggan yang sudah mempercayakan pembelian aplikasi kepada Jurnal. Bagi Anda yang tertarik dengan aplikasi accounting dari Jurnal namun masih belum yakin membeli paket aplikasinya, maka bisa mencoba program free trial selama 14  hari dari Jurnal yang bisa di unduh secara gratis.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.