e-Filing pajak online hadir sebagai sarana penyampaian SPT Tahunan secara elektronik. Berbasis internet yang seluruh prosesnya online, membuat para wajib pajak tidak perlu lagi mengantri panjang untuk menyampaikan SPT.

Aksesnya pun real time, yang mana dapat dibuka melalui dua saluran. Yakni, website DJP dan ASP. Untuk website resmi dari DJP itu sendiri bisa diakses lewat link https://www.djponline.pajak.go.id/.

Pengimplementasian e-filing sebagai sarana untuk menyampaikan SPT Tahunan secara online berdasarkan pada Surat Edaran Menteri PAN RB Nomor 8 Tahun 2015. Tujuan diadakannya e-filing tidak lain adalah untuk mengefektifkan mekanisme penyampaian SPT Tahunan dari para wajib pajak. Dengan begitu, diharapkan tidak lagi terjadi antrian menumpuk di kantor pajak.

Jenis Layanan yang Terdapat di e-Filing Pajak Online

Terdapat 3 jenis layanan pada e-filing. Meliputi, pengisian SPT, pengunggahan e-SPT, serta e-form. Untuk pengisian SPT secara online, bisa dipakai bagi SPT Tahunan OP 1770SS dan OP 1770S.

Sebagaimana diketahui, SPT Tahunan 1770SS dikhususkan untuk penghasilan dari luar usaha dan/atau pekerjaan bebas. Sementara itu, form SPT Tahunan OP 1770S dipakai untuk penghasilan dari satu atau lebih pemberi kerja, dalam negeri lainnya, dan/ atau PPh Final dan/atau bersifat final. E-filing melalui website DJP telah terintegrasi dengan DJP online.

Bagi wajib pajak yang ingin melakukan penyampaian laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi mulai dari 1770, 1770S, sampai 1770SS maupun SPT Tahunan PPh Badan, yaitu 1771 dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT dalam aplikasi e-Filing di DJP online. Karena berbasis internet, membuat Anda tidak perlu mendatangi kantor pembayaran pajak untuk melaporkan kewajiban perpajakan yang sudah ditunaikan.

Sementara itu, untuk jenis SPT 1770SS dan 1770S telah tersedia formulir pengisian langsung pada aplikasi e-Filing. Beralih dari hal tersebut, untuk penyampaian laporan SPT pajak lainnya khususnya terkait jenis SPT 1770 maupun 1771.

E-Filing di DJP online menghadirkan fasilitas penyampaian SPT berupa pengunggahan SPT yang telah dibuat melalui aplikasi e-SPT maupun e-form. SPT yang sudah dibuat melalui aplikasi-aplikasi tersebut kemudian bisa disampaikan secara online tanpa perlu mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) secara langsung.

Selain sarana-sarana sebagaimana yang telah disebutkan itu, untuk jenis SPT yang lain, Wajib Pajak dapat menyampaikan SPT secara online melalui salah satu PJAP yang telah ditunjuk oleh pihak Direktur Jenderal Pajak.

Manakala terjadi Error ketika pemakaian e-Filing, Anda bisa mengecek Daftar Kode Error guna mendapatkan informasi terkait cara penanganannya.

E-Filing Pajak Online Melalui KlikPajak

Saat ini, lapor SPT pajak bisa dilaksanakan secara mudah menggunakan e-Filing pajak online. Beberapa benefit menarik yang bisa diperoleh, meliputi prosesnya yang cepat dan mudah. Tidak perlu memakan waktu lama, pelaporan SPT Tahunan bisa diselesaikan. Selain itu, keamanannya pun terjamin dengan telah bermitra secara resmi dengan DJP.

Nantinya, setelah lapor SPT melalui KlikPajak, Anda pun akan diberikan bukti lapor resmi atau NTTE dari Ditjen Pajak. Merujuk pada hal tersebut, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan mempercayakan KlikPajak sebagai solusi lapor SPT.

Di samping itu, histori pelaporan SPT yang telah dilakukan pun akan terekam pada platform ini. Sehingga, Anda dapat mengetahui bagaimana kilas balik sekaligus besarnya pajak yang telah dibayarkan pada periode sebelumnya. Mengenai tarif, tidak terdapat tarif khusus yang disyaratkan. Dalam artian, akses terhadapnya gratis. Oleh karena itu, cenderung ekonomis dan praktis tanpa mengabaikan unsur keamanan.

By duniaku