SERBA-SERBI SEPUTAR AKUN PEMBELI PADA PADI UMKM YANG WAJIB DIKETAHUI

Lahir pada Agustus 2020, PaDi UMKM adalah sebuah platform digital yang mempertemukan UMKM dan BUMN dengan tujuan jual barang dan jasa BUMN lebih optimal untuk ditemukan dan mempercepat efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM.

Beberapa pertanyaan lain dari akun pembeli masih begitu banyak yang perlu dibahas agar semua perlu tahu Langkah tepat dalam menghadapi kendala saat mengakses pasar digital pengadaan barang dan jasa Pemerintah ini.

Pembeli juga perlu tahu hal lain seperti produk yang tidak sesuai saat pesanan sampai dan telah diterima oleh pembeli. Untuk menghadapi kendala tersebut maka, pembeli dapat menghubungi penjual dan penjual akan menentukan dapat di proses pergantian produk atau pengiriman Kembali kekurangan barang nya jika penjual tidak dapat memenuhi keduanya maka proses retur dan refund di lakukan diluar system padiumkm . ( penjual dan pembeli berhubungan langsung untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ), atau dapat kirimkan bukti foto atau video barang yang di terima ke email customer service agar di proses konfirmasi ke pihak penjual.

Namun jika masalah lain hadir seputar produk yang rusak akibat jasa pengiriman atau bahkan barang hilang, maka berikut ini Langkah tepat yang wajib dilakukan pembeli untuk menyelesaikannya yaitu Pembeli dan UMKM dapat melaporkan ke pihak PaDi UMKM paling lambat 3×24 jam sejak waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi. Untuk mempercepat dan sesuai dengan procedure dari jasa logistic maka pihak UMKM akan melakukan proses klaim kepada pihak logistic untuk di lakukan pergantian uang setelah UMKM mendapatkan proses klaim nya dari pihak logistic maka penjual akan mengembalikan dana nya ke pembeli. Lakukan pelaporan ke customer service dengan menyertakan link produk dan alamat lengkap pengiriman untuk di cek jangkauan area di system.

Untuk para pembeli, mengkonfirmasi pesanan itu apakah wajib dilakukan segera setelah menerima barang? Jawabannya Ya, pembeli wajib mengonfirmasi penerimaan barang demi memudahkan proses order di tahap selanjutnya. Karena jika semakin cepat proses yang dilakukan, maka keuntungan yang diterima oleh kedua belah pihak yaitu pembeli dan penjual dapat berlangsung secara mudah, aman dan Langkah yang baik untuk ke depannya.

Jangan lupa pembeli juga perlu mengkonfirmasi pesanan dengan tujuan ke depannya para penjual akan dengan mudah mendapatkan pembeli lainnya dan pihak UMKM akan semakin mudah untuk terus menggunakan platform digital beli barang dan jasa BUMN ini. Berikut ini langkahnya, Log in di akun buyer dengan email dan password yang telah di daftarkan, lalu Klik dropdown profile akun, kemudian Klik menu ulasan, selanjutnya pilih produk yang ingin di berikan ulasan dilanjutkan dengan klik menu beri ulasan produk, Beri penilaian terkait kualitas produk, harga dan tanggapan Anda terkait produk yang di terima, kemudian Klik Kirim.

Mudah, tidak memakan waktu dan biaya serta efisien. PaDi UMKM mengupayakan transaksi yang transparan, aman dan memudahkan para penggunanya yaitu UMKM dan BUMN agar semakin erat dalam setiap transaksi ke depannya. Dengan target GO Digital untuk UMKM, platform jual barang dan jasa pemerintah ini optimis agar UMKM semakin mandiri, melek digital serta percaya diri dalam berdagang secara online.