10 Contoh Paragraf Deduktif & Induktif Berbagai Keperluan, Lengkap!

Contoh Paragraf Deduktif & Induktif – Menurut letak kalimat utama atau gagasan pokoknya, paragraf terbagi menjadi tiga jenis. Dua diantaranya adalah paragraf deduktif dan paragraf induktif. Siapa yang sampai saat ini masih bingung dengan perbedaan paragraf deduktif dan induktif? Di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan kamu informasi terkait paragraf deduktif dan paragraf induktif beserta contohnya untuk kamu.

Deretan Contoh Paragraf Deduktif & Induktif Berbagai Keperluan
unsplash.com Ketika duduk di bangku sekolah, tentunya kamu sering mendengar paragraf deduktif dan induktif bukan? Agar kamu dapat dengan mudah memahami kedua jenis paragraf ini, ada baiknya kamu mempelajari paragraf deduktif dan induktif melalui contohnya. Untuk informasi lengkap terkait contoh paragraf deduktif dan induktif, bisa kamu temukan berikut ini.

Apa Itu Paragraf Deduktif dan Induktif?
Paragraf deduktif adalah suatu paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Umumnya, paragaraf deduktif diawali dengan pernyataan yang bersifat umum. Kemudian dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan khusus berupa contoh-contoh, bukti-bukti, rincian khusus, dan sebagainya. Mengingat paragraf ini dikembangkan melalui suatu pernyataan umum, maka pola kalimatnya ialah dari umum ke khusus.

Sedangkan, paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat yang memuat penjelasan-penjelasan berupa fakta, contoh-contoh, rincian khusus, atau bukti, lalu diakhiri dengan kalimat utama. Paragraf Induktif dikembangkan dari pola khusus ke umum. Intinya, paragraf induktif adalah paragraf yang meletakkan gagasannya di akhir kalimat.

Ciri-ciri Paragraf Deduktif dan Induktif
Untuk lebih mudah mengenali perbedaan paragraf deduktif dan induktif, berikut adalah ciri-ciri kedua jenis paragraf ini.

1. Paragraf Deduktif * Kalimat utama terletak di awal paragraf.
* Kalimat disusun mulai dari pernyataan umum, lalu disusul dengan penjelasan-penjelasan.

2. Paragraf Induktif * Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.
* Lalu di generalisasikan menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan penjelasan-penjelasan khusus.
* Kesimpulan sekaligus kalimat utama terletak di akhir Paragraf.

1. Contoh Paragraf Deduktif tentang Kebudayaan
Ada beberapa varian dendeng di dalam masakan khas Padang, salah satunya adalah dendeng balado. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan melebar. Daging sapi tersebut kemudian dijemur dibawah sinar matahari sampai kering. Setelah dijemur sampai kering, daging sapi digoreng, kemudian diberi bumbu berbahan dasar cabai atau biasa dikenal dengan bumbu balado.

2. Contoh Paragraf Deduktif tentang Sosiologi
Orang pendiam tidak sepantasnya dijauhi maupun dianggap aneh. Karena tidak selamanya orang yang pendiam adalah pecandu narkoba, berkepribadian sombong, penderita kelainan jiwa, atau seorang teroris. Orang pendiam hanyalah orang yang tidak pandai banyak bicara sekaligus tidak terlalu senang berada di tempat ramai terlalu lama.

three. Contoh Paragraf Deduktif tentang Pekerjaan
Bekerja di perusahaan startup atau rintisan memiliki beberapa kelebihan. Pertama, kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar membangun perusahaan dari nol secara langsung. Kedua, kamu bisa bekerja di berbagai posisi yang tersedia di perusahaan, hal ini membuat kamu belajar banyak hal dan kemampuan semakin bertambah dan meningkat.

four. Contoh Paragraf Deduktif tentang Pendidikan
Belakangan ini, kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara on-line tanpa perlu tatap muka. Di period teknologi yang sudah sangat canggih seperti sekarang, ada banyak situs web yang menawarkan jasa belajar online, baik yang berbayar atau free of charge. Sistem belajar di mana saja dan kapan saja jadi salah satu keunggulan belajar online. Kamu pun bisa memilih mata pelajaran apa saja, sesuai yang hendak dipelajari saat itu, mulai dari fisika sampai bahasa Indonesia.

5. Contoh Paragraf Deduktif tentang Narkoba
Penyalahgunaan narkoba bisa menyebabkan dampak negatif bagi yang menggunakan. Salah satu akibat yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba adalah adanya gangguan psychological. Pengguna bisa mengalami kondisi mental yang membuatnya terlihat seperti orang gila. Narkoba pun jadi pemicu perilaku aneh para pengguna yang bisa merugikan orang lain bahkan diri sendiri.

6. Contoh Paragraf Deduktif tentang Kecelakaan
Kecelakaan akibat kelalaian kerja masih sering terjadi. Sepanjang tahun 2016, tercatat sudah 15 orang meninggal dikarenakan kecelakaan kerja terutama di pabrik-pabrik wilayah perkotaan. Korban meninggal tidak hanya berasal dari pekerja saja, tetapi beberapa warga sipil yang tinggal di lingkungan pabrik turut menjadi korban. Insiden kecelakaan tersebut banyak yang disebabkan konsleting aliran listrik karena pekerja yang lupa mematikan arus listrik saat meninggalkan pabrik.

7. Contoh Paragraf Deduktif tentang Internet
Internet sangat bermanfaat bagi manusia, dengan kebebasan mengakses jaringan internet kita dapat mudah mengetahui berbagai informasi di belahan dunia manapun. Disamping menjadikannya media informasi, internet juga digunakan sebagai alat komunikasi bagi sebagian orang yang menggunakan aplikasi sosial media. Banyak hal yang ternyata bisa dijangkau hanya dengan sekali klik menggunakan jasa internet sehingga masyarakat pun sangat terbantu dengan kemudahan ini.

eight. Contoh Paragraf Deduktif tentang Penyair
Chairil Anwar adalah salah satu penyair ternama di Indonesia. Penyair kelahiran Medan ini juga menjadi bagian dari sastrawan angkatan ’45 yang terkenal selain Asrul Sani dan Rivai Apin. Puisi-puisi Chairil sangat dikenal dan dicintai masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah puisi berjudul “Aku”.

9. Contoh Paragraf Deduktif tentang Olahraga
Zaki seorang atlet yang multi talenta. Selain menjadi atlet olahraga voli, Zaki juga seorang fotografer yang sering pergi ke berbagai tempat yang indah untuk mengambil foto. Bakat yang digeluti Zaki dalam olahraga voli, pernah mewakili juara Indonesia memenangkan olimpiade pada 3 tahun yang lalu. Selain voli, Zaki juga masih sering bermain bola dengan teman sekampungnya.
Bukan berarti dia tidak bisa dalam olahraga lain, justru dia mahir dalam beberapa bidang olahraga. Meskipun yang paling condong dari sosok Zaki adalah olahraga voli, tapi dia juga mahir di bidang olahraga yang lainya seperti sepak bola, basket, renang dan lain sebagainya. Kini, Zaki mencoba dan berusaha untuk memenangkan lompa voli tahun depan.

10. Contoh Paragraf Deduktif tentang Penganiayaan
Kasus penganiayaan terhadap anak masih merajalela di negara Indonesia, banyak anak kecil yang menjerit kesakitan karena dipukuli oleh orang tuanya. Di berbagai wilayah juga melaporkan kepada pihak kepolisian bahwa ada penganiayaan terhadap anak kandung mereka sendiri. Banyak warga yang tidak bisa berbuat apa-apa, dan juga cuma hanya bisa perihatin melihat kejadian itu. Maka dari itu, untuk keberlangsungan hidup yang sejahtera, diharapkan kepada warga yang melihat atau mendapati kejadian serupa, bisa langsung menghubungi pihak berwajib.

Contoh Paragraf Induktif
1. Contoh Paragraf Induktif tentang Sekolah
Ketika ujian telah selesai, nilai anak-anak diperiksa. Ternyata terdapat berbagai nilai siswa, sebanyak 19 siswa nilainya melampaui standar kelulusan. 10 siswa memperoleh nilai tepat pada standar kelulusan, dan tidak ada seorang siswa pun yang memperoleh nilai dibawah standar. Sehingga bisa dikatakan kegiatan belajar di kelas ini berhasil.

2. Contoh paragraf Induktif tentang Lingkungan
Bagi warga Jakarta, membuang sampah seenaknya ke dalam sungai sudah jadi kebiasaan bahkan tradisi sejak dulu. Padahal, kebiasaan buruk ini sudah dirasakan akibatnya hampir setiap tahun. Sampah-sampah ini bisa menyebabkan aliran sungai terhambat dan akhirnya menimbulkan banjir. Tidak heran apabila banjir yang terjadi di Jakarta seringkali disebabkan oleh tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai.

3. Contoh paragraf Induktif tentang Pendidikan
Belajar dengan sistem SKS alias Sistem Kebut Semalam bukanlah hal yang patut dicontoh. Apalagi kalau esok harinya adalah hari ujian. Akibat yang bisa dirasakan adalah rasa kantuk ketika sedang mengerjakan ujian. Maka itu, persiapkan diri dan mulai belajar sejak jauh-jauh hari sebelum waktu ujian tiba.

four. Contoh paragraf Induktif tentang Kesehatan
Apapun jika dilakukan secara berlebihan bukanlah hal yang baik. Sama halnya seperti mengonsumsi makanan. Terlalu banyak makan juga bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Misalnya saja obesitas, serangan jantung, stroke, atau penyakit-penyakit lain seperti kolesterol dan gula. Untuk itu, makanlah sesuai dengan kebutuhan tubuh demi menjaga kesehatan jangka panjang.

5. Contoh paragraf Induktif Sebab Akibat
Rina adalah anak yang sangat baik hati, ia selalu membantu teman-temannya yang sedang membutuhkan, seperti membantu menjelaskan pelajaran yang belum dimengerti. Tak jarang pula, Rina ikut membantu teman-temannya dalam mengejar nilai yang masih di bawah rata-rata. Selain membantu teman, Rina pun senang membantu guru-guru dengan membawakan buku-buku ke kelas atau ruang guru. Oleh sebab itu, tak heran apabila semua teman sekelas bahkan guru-guru pun sangat menyukai perilaku baik Rina.

6. Contoh paragraf Induktif tentang Kesehatan
Gaya hidup yang sehat perlu digalakkan guna meningkatkan angka harapan hidup bagi masyarakat Indonesia. Dimasa sekarang ini, masyarakat lebih menyukai gaya hidup instan yang sebenarnya kurang baik bagi kesehatan. Gaya hidup yang serba cepat membuat sebagian besar orang mengonsumsi makanan cepat saji yang umumnya rendah nutrisi.

Sehingga, masyarakat kita tak jarang terkena kolesterol dan zat lainnya yang membahayakan untuk kesehatan. Selain itu, jarang berolahraga, kebiasaan merokok, dan tidur terlalu larut juga masih menjadi masalah uatama gaya hidup masyarakat. Dengan gaya hidup yang buruk tersebut, tak heran bila kondisi kesehatan masyarakat Indonesia sangat buruk. Oleh sebab itu, gaya hidup sehat sangatlah perlu untuk digalakkan untuk meningkatkan angka harapan hidup masyarakat Indonesia.

7. Contoh paragraf Induktif tentang Belajar
Belajar di masa tua memerlukan usaha yang lebih karena daya tangkap yang dimiliki saat tua sudah berkurang. Selain itu motivasi yang dimiliki sudah melemah karena terlalu banyak pikiran. Alasan itulah yang menggambarkan bahwa belajar di waktu tua seperti melukis di atas air.

8. Contoh paragraf Induktif tentang Kuliner
Pada period kita sekarang ini, banyak makanan yang seakan berkembang semakin cepat. Tak terkecuali makanan-makanan yang tidak sehat dan makanan yang sepertinya sudah menjadi kebutuhan semua orang dan memang kebutuhan sehari-hari setiap orang. oleh karena itu pengusaha ataupun pedagang makanan harus bisa menemukan inovasi untuk menu makanan baru, agar negara kita tidak kalah saing dengan kuliner lainnya.

9. Contoh paragraf Induktif tentang Makanan
Masakan ini terbuat dari nangka yang masih muda. Diolah dengan bahan rempah yang khas, kemudian ditambah santan supaya lebih nikmat. Untuk menikmati masakan satu ini, sajian pendampingnya adalah sambal krecek, opor ayam dan telur. Bisa juga ditambah tahu dan kuah santan kental. Itulah gudeg, salah satu makanan khas Yogyakarta.

10. Contoh paragraf Induktif tentang Dunia Kerja
Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.

Itulah informasi lengkap terkait 10 contoh paragraf deduktif dan induktif untuk berbagai keperluan yang bisa Mamikos sampaikan. Selain paragraf deduktif dan induktif, jenis paragraf lainnya yang bisa kamu temukan adalah paragraf campuran. Semoga informasi di atas cukup bermanfaat ya untuk kamu. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi situs Mamikos ya!

Klik dan dapatkan information kost di dekat kampus idaman mu: