Inspirasi Berlibur Jangan mengatakan kamu tidak tahu seperti apa rasanya seblak? Jika sampai sekarang ini kamu belum pernah sama sekali mencicipinya, properly, kamu sudah mengalami kerugian besar. Apalagi bagi kamu yang belum menikmati sensasi makan seblak di Bandung.

Seblak merupakan makanan khas Sunda dengan sensasi rasa gurih, pedas dan sedap, yang terbuat dari kerupuk basah, dimasak dengan sayuran, telur, ayam, atau olahan daging sapi. Kuliner ini juga cukup akrab di lidah warga Jawa Tengah dengan sebutan sumpiuh.

Tidak sulit mendapatkan seblak di Bandung. Mulai dari warung gerobak pinggir jalan hingga yang berada di dalam mal-mal bertingkat, sajian ini bisa kamu dapatkan dengan mudah. Namun, jika ingin mendapatkan sensasi rasa terbaik menikmati kuliner ini saat liburan di Bandung, tujuh tempat ini bisa menjadi jujukan kamu. Dijamin maknyus, deh!

1. Seblak Merapi
Image credit: @seblakmerapi Bisa dikatakan seblak Merapi ini baru muncul di akhir 2016. Namun popularitasnya mulai menyaingi pemilik bisnis seblak di Bandung lainnya.

Image credit score: @seblakmerapi Bukan tanpa alasan, seblak Merapi dikenal karena stage pedasnya yang cukup berkesan, terutama menu seblak istimewa yang menawarkan varian seblak dengan isian yang lengkap. Yummy!

Lokasi: Jl. Terusan Jakarta No.107, Antapani Kulon, Kec. Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam operasional: Setiap hari, mulai dari eleven.00 hingga 22.00 waktu setempat
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi

2. Seblak Sultan
Image credit: @bubueataway Salah satu warung seblak di Bandung yang harus kamu kunjungi untuk mendapatkan cita rasa maknyus adalah seblak Sultan. Bukan hanya menampilkan sajian yang sedap, tapi juga memberikan kesan mendalam bagi penikmatnya.

Image credit score: @bubueataway Hal pertama yang memberikan kesan adalah antrian yang panjang untuk bisa mendapatkan seporsi seblak. Maklum, warung ini termasuk yang paling ngehits di kalangan pecinta seblak di Bandung. Alasan lain adalah karena pilihan isian atau topping yang beraneka garam, dari bakso goreng, ceker, cireng, kikil, makaroni, sosis dan banyak lagi lainnya. Tertarik mencoba?

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.10, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam operasional: Senin hingga Sabtu, mulai 11.00 hingga 18.00
Harga: Mulai dari 12,000 IDR per porsi

three. Seblak Bunda
Seblak Bunda bisa menjadi jujukan bagi mereka yang ingin menikmati seblak dengan degree pedas yang berbeda. Soalnya, di warung ini, kamu bisa menentukan sendiri level pedas seblak yang akan disantap.

Image credit: @foodgallerybdg Salah satu warung seblak di Bandung yang ngehits ini juga menawarkan beragam topping yang menarik untuk dicoba, dari ceker ayam, bakso, telur dan banyak lagi lainnya.

Lokasi: Jl. H. Kurdi II No.four, Karasak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam operasional: Senin hingga Sabtu, mulai 9.00 hingga 18.00
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

4. Seblak Oces
Image credit score: @makansurga Mulai beroperasi sejak 2012, seblak Oces sukses mengambil tempat di hati para pecinta kuliner Bandung. Bukan tanpa alasan, warung seblak ini konon kabarnya menjadi pelopor sajian seblak basah di Bandung.

Image credit: @cipicripa Bicara soal topping, seblak Oces menawarkan banyak variasi, dari kerupuk warna-warni dengan banyak bentuk, batagor, siomay, bakso, ceker dan masih banyak lagi lainnya. Ingin menikmati yang paling spesial, silakan pilih menu seblak campur. Dijamin nambah, lho!

Lokasi: Alfamart Purnawarman, Jl. Purnawarman No.22, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam operasional: Setiap hari, mulai dari 10,00 hingga 19.00
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi

5. Seblak Abdul
Image credit score: @deassy92 Yang membedakan seblak Abdul dengan warung seblak lainnya di Bandung adalah nuansa ala kafe yang ditawarkan. Alhasil, tidak sedikit generasi milenial yang membanjiri tempat ini untuk menikmati kuliner seblak yang ditawarkan. Tempatnya juga asyik buat nongkrong, lho!

Image credit: @seblakabdul Ada beberapa pilihan seblak yang bisa kamu nikmati, di antaranya dengan topping cimol, siomay, ceker, mie dan banyak lagi lainnya. Harganya? Bisa dikatakan sangat terjangkau, terutama buat kamu yang mengusung semangat hemat dan low budget.

Lokasi: Jl. Bapa Husen No.5a, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam operasional: Setiap hari, mulai 10.00 hingga 20.00
Harga: Mulai daro 6,000 IDR per porsi

6. Seblak Basah Deu’ Tjenghar
Yang ingin memiliki lebih banyak opsi menikmati seblak di Bandung, rekomendasi kami adalah mengunjungi warung seblak Deu’ Tjenghar. Bayangkan, ada 30 lebih pilihan isian seblak untuk menyesuaikan selera ajaib kamu.

Image credit: @puspa_amelia Untuk pilihan topping sangat beragam. Pun demikian jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak varian kerupuk. Asyiknya, selain bisa mendapatkan sajian kuliner pedas yang gurih dan nikmat, kamu tidak perlu mengeluarkan uang hingga belasan ribu untuk menikmati satu porsi seblak mereka.

Lokasi: Jl. Purnawarman, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam operasional: Setiap hari, mulai 10.00 hingga 21.00
Harga: Mulai dari 9,000 IDR per porsi

7. Seblak Jebred
Image credit: @bellystories Salah satu warung seblak yang ngehits dan membuka banyak cabang di Bandung adalah sekbal Jebred. Alasan utama membuka banyak warung, untuk semakin mendekatkan diri dengan pelanggannya, yang jumlahnya sangat melimpah. Maklum, rasa yang ditawarkan memang maknyus.

Image credit score: @miabeutik Bicara soal isian, kamu bisa memiliki banyak pilihan yang variatif, dari bakso, kikil, telur bahkan tulang. Yang tertarik pedas, mencoba degree maksimal adalah rekomendasinya. Luar biasanya, harganya sangat terjangkau, lho!

Lokasi:

* Jl. Buah Batu No.184, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat
* Komplek Nusa Hijau, Jl. Citeureup Blok A No.14, Citeureup, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat
* Jl. Gegerkalong Hilir No.83, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat
* Jl. Ir. H. Juanda No.462, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat
* Jl. Taman Kopo Indah 2, Rahayu, Kec. Margaasih, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: Setiap hari, mulai 10.00 hingga 22.00
Harga: Mulai dari 2,000 IDR per topping

Baca juga: 22 Jajanan Kaki Lima Bandung Yang Murah Dan Menggoyang Lidah

Nah, siapa yang tertarik menikmati seblak di Bandung yang maknyus? Yang sudah mencoba di semua warung di atas, yang mana yang menurut kamu paling really helpful?

Muhammad Yanuar
Muhammad Yanuar, penyuka jalan-jalan ke tempat yang baru dan bertemu banyak orang. Membaca, menulis dan berolahraga juga menjadi hobi penggemar wisata kuliner ini.

By duniaku