7 Tempat Menyantap Kuliner Gastronomi Molekuler Yang Menggugah Selera

7 Tempat Menyantap Kuliner Gastronomi Molekuler Yang Menggugah Selera

Inspirasi Berlibur Gastronomi merupakan istilah lain dari tata boga atau seni memasak. Nah, salah satu cabang gastronomi yang populer dan dianggap sebagai masa depan makanan adalah gastronomi molekuler. Gastronomi molekuler menghasilkan modifikasi bentuk makanan yang unik dengan cita rasa yang tidak kalah lezat dengan makanan pada umumnya.

Contohnya, kamu bisa makan opor ayam lezat dalam makanan yang tampilannya seperti kertas dan pensil. Meski porsinya terlihat sedikit, namun kamu tetap bisa kenyang lho. Wah, kok bisa ya?

Gastronomi molekuler menggunakan konsep ilmu fisika dan kimia dalam pengolahan bahan pangan serta fenomena sensori saat suatu makanan dikonsumsi. Oleh karena itu, makanan yang disajikan pun beraneka ragam rasa dan bentuknya.

Penasaran ingin mencoba kuliner ala gastronomi molekuler? Baca dulu referensi tempat menyantap kuliner gastronomi molekuler yang lezat berikut ini.

1. Namaaz Dining, Jakarta
Image credit score: @giuiseppefound Namaaz Dining bisa dibilang merupakan restoran gastronomi molekuler pertama di Indonesia. Menu yang dihadirkan merupakan menu set yang terdiri dari 17 sajian makanan dengan cita rasa kuliner nusantara.

Image credit score: @surya_af (kiri), @cerita_asbun (kanan) Nama makanannya pun unik, ada ‘lipstik’ yang memiliki rasa kue clorot, ‘pembersih kaca’ dengan rasa sayur bening, dan ‘pecah belah’ yang merupakan representasi dari rasa rujak buah dengan air kecombrang.

Image credit score: @xiaolingchan Namun set menu di sini selalu berubah setiap enam hingga delapan bulan. Jadi, dipastikan nama dan jenis menunya pun akan selalu berubah. Untuk bisa makan di Namaaz Dining, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu di sini ya.

Lokasi: Jl Gunawarman No. forty two, Senopati, Jakarta
Kontak: Harga Makanan: set menu 2,500,000 IDR untuk 2 orang (tidak bisa a la carte)

2. Ron’s Laboratory, Jakarta
Image credit: @ronslaboratory Berbeda dengan Namaaz Dining yang menyajikan menu lengkap dari makanan pembuka hingga kue pencuci mulut, Ron’s Laboratory mengkhususkan dirinya untuk sajian gelato. Tampilan gelato di sini sangat khas dengan topping yang diisikan ke dalam alat suntikan.

Image credit: @ronslaboratory Dalam pembuatannya, Ron’s Laboratory menggunakan nitrogen cair yang membuat adonan es krim membeku seketika. Jangan kaget jika kamu akan menjumpai banyak asap di space dapurnya. Selain tampilannya yang menarik, rasa gelatonya juga sangat enak. Yummy deh pokoknya!

Lokasi: Grand Metropolitan Mall, Summarecon Mall Bekasi, Epiwalk, Bassura, Pejaten Village, Festive Walk, dan Onebell Park
Kontak: [e-mail protected]Harga Gelato: mulai dari forty,000 IDR

3. Nusa Indonesian Gastronomy, Jakarta
Image credit score: @nusagastronomy Restoran yang berlokasi di area Kemang ini memang tidak sepenuhnya mengusung konsep gastronomi molekuler. Hanya ada beberapa sajian makanan yang diolah menggunakan teknik gastronomi molekuler. Namun jangan salah, tampilan dan rasanya tidak kalah enak dari restoran lainnya, lho.

Image credit: @nusagastronomy Sebut saja sajian pisang bakar yang diolah sedemikian rupa dengan tampilan yang futuristik dan menggugah selera. Nusa Indonesian Gastronomy memang fokus pada aneka hidangan nusantara dengan menghadirkan bahan-bahan olahan dari seluruh penjuru Indonesia.

Image credit score: @bewijaya Jadi, siapa bilang kuliner nusantara tampilannya tidak menarik? Coba saja datang ke Nusa Indonesian Gastronomy dan rasakan sensasi makan kuliner lokal dengan cara yang berbeda. Klik di sini untuk menu lengkap dan data reservasi.

Lokasi: Jl. Kemang Raya No. eighty one, Kemang, Jakarta Kontak: Harga Makanan: mulai dari fifty five,000 IDR

4. Nestcology, Semarang
Image credit score: @nestcology Meski bukan restoran yang khusus menyajikan hidangan dengan teknik gastronomi molekuler, namun Nestcology nyatanya sudah cukup populer di kalangan penggemar kuliner terkait. Sajian penutup menjadi menu utama olahan gastronomi molekuler di sini.

Image credit: @nestcology Sebut saja The Poacher yang merupakan sajian dessert dengan buah blueberry yang diolah dengan nitrogen cair sehingga menghasilkan hidangan yang tidak biasa. Pengalaman makan pun jadi makin menyenangkan. Jika sedang jalan-jalan ke Semarang, jangan lupa mampir kemari, ya!

Lokasi: Jl. Tambora No.5A, Tegalsari, Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah Kontak: (024) Harga Makanan: mulai dari 44,000 IDR

5. Blanco Par Mandif, Ubud
Image credit score: @blancoparmardif Restoran yang satu ini dikepalai oleh Chef Mandif Warokka yang piawai dalam memasak sajian Eropa dan Asia. Kecintaannya terhadap Indonesia membuatnya tidak ragu mengangkat aneka hidangan tradisional nusantara dengan teknik gastronomi molekuler.

Image credit: @blancoparmardif Makanan tradisional khas Indonesia mulai dari getuk lindri hingga rempeyek bisa kamu temukan di sini, tentunya dengan tampilan yang sama sekali berbeda dengan aslinya, lho. Kesan artistik penyajian makanan dan rasa yang lezat dijamin akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

Lokasi: Kompleks Museum Blanco, Jl Raya Tjampuhan, Ubud
Kontak: (0361) Harga Makanan: set menu mulai dari 1,250,000 IDR per orang

6. Cuca (Bali), Jimbaran
Image credit score: @gedeinperut Cuca (Bali) merupakan salah satu dari sepuluh restoran terbaik di Asia versi Trip Advisor. Wow, keren ya. Kamu tentu akan bertanya-tanya memang sekeren apa sih hidangan di restoran ini? Di sini kamu akan dimanjakan dengan aneka macam hidangan gastronomi molekuler yang lezat dan mengejutkan.

Image credit: @cucaflavour Bayangkan saja, ada makanan pencuci mulut berbentuk telur yang rasanya segar seperti buah. Ada juga sate ayam yang berbentuk seperti cabai. Unik sekali, bukan? Koki di restoran ini adalah Kevin Cherkas yang dulunya pernah bekerja di el Bulli, sebuah restoran gastronomi molekuler terkenal di Spanyol. Jadi, masih meragukan kelezatan makanan di sini?

Lokasi: Jl Yoga Perkanthi, Jimbaran
Kontak: (0361) Harga Makanan: mulai dari forty five,000 IDR

7. Mejekawi by Ku De Ta, Seminyak
Image credit score: @mejekawi Jika kamu sedang jalan-jalan ke Seminyak, jangan lupa mampir ke Mejekawi. Di sini kamu akan menemukan salah satu restoran gastronomi molekuler yang populer di Bali. Mejekawi cocok untuk kamu yang ingin mencicipi kuliner gastronomi molekuler tanpa harus dihadapkan pada bentuk makanan yang aneh.

Image credit: @mejekawi Menu yang ditawarkan juga sangat bervariasi, mulai dari makanan lokal Indonesia, Asia hingga sajian Western yang dijamin bikin ketagihan. Tempatnya yang berada di tepi pantai sangat pas dijadikan untuk tempat bersantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam.

Lokasi: Jl Kayu Aya No. 9, Seminyak
Kontak: (0361) Harga Makanan: set menu mulai dari seven hundred,000 IDR

Baca juga: Tempat Makan Rooftop di Jakarta Untuk Dinner Romantis

Bagaimana? Seru juga ya melihat tampilah sajian gastronomi molekuler yang menarik. Yuk, yang penasaran, langsung kunjungi saja tempat makan yang ada di atas dan rasakan sensasi makan enak yang sangat berkesan.

Hanif K. Wardhani
Hanif K. Wardhani, pecandu sekaligus penikmat wisata alam. Gemar berburu tempat tempat antimainstream untuk melepas penat dan lelah. Hasil perburuannya dapat dinikmati di Little Noona.

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris enim mattis magnis senectus montes mollis phasellus.