9 Pekerjaan Yang Umumnya Ada Di Restoran

Bagi Teman STOQO yang memiliki restoran atau baru memulai, biasanya akan butuh beberapa orang untuk dipekerjakan di restoran demi membantu berjalannya usaha kuliner tersebut.

Kenyataannya, ada banyak pekerjaan di restoran yang biasanya bisa sering kita temukan saat berkunjung. Orang-orang yang mengisi pekerjaan-pekerjaan di restoran tersebut pun punya tugasnya masing-masing.

> baca juga:

Lalu kira-kira apa saja ya pekerjaan-pekerjaan yang biasa kita temukan di restoran? Berikut informasi selengkapnya yang sudah STOQO rangkum beserta sedikit penjelasan tentang tugas dari masing-masing pekerjaan:

1. Manajer Umum Restoran (Restaurant General Manager)
Salah satu posisi yang umumnya ada di sebuah restoran adalah manajer umum atau basic supervisor. Tanggung jawab yang biasanya diberikan antara lain seperti mengawasi keadaan restoran, mengurus bagian mempekerjakan karyawan baru atau bahkan memberhentikan karyawan, mengelola karyawan yang ada, mengurus pasokan bahan baku serta perlengkapan memasak, berurusan dengan para supplier, menentukan jadwal karyawan, mengawasi pemeliharaan dapur serta tempat makan dan masih banyak lagi.

2. Koki (Chef)
Koki (foto: theyumlist.web)

Salah satu bagian terpenting di restoran adalah koki atau chef. Pebisnis kuliner bahkan bisa saja mempekerjakan lebih dari satu koki kalau dia mau. Koki yang dipekerjakan biasanya sudah berpengalaman dalam hal memasak. Setiap masakan yang dibuat koki tersebut juga harus merefleksikan restoran tersebut.

three. Koki Eksekutif (Executive Chef)
Bisa dibilang, koki (chef) eksekutif atau government chef adalah kepala dari para koki yang ada. Sosok inilah yang biasanya membuat hidangan spesial, mengelola lingkungan dapur, menjadi chief bagi koki lain, bertanggung jawab untuk setiap makanan yang dipesan, dan mengelola hal-hal penting lainnya di dapur.

Bahkan, beberapa chef eksekutif bertanggung jawab dalam mengatur jadwal kerja tiap koki. Ia juga yang menentukan siapa saja yang berhak bekerja di dapur. Untuk bekerja di posisi ini biasanya dibutuhkan pengalaman memasak serta mengelola dapur restoran selama beberapa tahun.

four. Barista
Teman STOQO mungkin sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan yang ada di restoran satu ini. Orang yang bekerja sebagai barista pada umumnya sangat ahli dalam hal mencampurkan minuman dengan campuran berbagai bahan yang disediakan sehingga bisa dinikmati oleh para pengunjung sesuai selera dan kebutuhannya. Barista sendiri di zaman sekarang ini identik dengan kedai kopi, kedai minuman bubble, dan restoran kelas menengah ke atas.

5. Resepsionis atau Penerima Tamu
Resepsionis atau penerima tamu di restoran pada umumnya bertugas untuk menemui serta menyambut calon pelanggan yang datang, kemudian menentukan dimana para tamu akan duduk. Mereka memastikan bahwa setiap tamu yang datang akan mendapatkan tempat yang layak, nyaman dan sesuai dengan jumlahnya.

Saat tamu atau calon pelanggan membuat reservasi (misalnya through telepon, e mail, dan sebagainya), resepsionis inilah yang biasanya akan mencatat pemesanan meja, berapa jumlah tamu yang datang, dan jam berapa tamu akan tiba. Resepsionis biasanya diwajibkan untuk ramah, sopan, serta tahu bagaimana menghadapi antrian dan keluhan pelanggan. Mereka juga biasanya terorganisir dan mampu melakukan banyak tugas dalam waktu bersamaan (multitasking).

6. Pelayan Restoran (waiter /waitress)
Pelayan Restoran (foto: possector.com)

Pelayan, atau yang juga dikenal dengan nama Waiter/Waitress, juga merupakan posisi yang biasanya dibutuhkan di restoran. Tugasnya adalah mencatat, melayani, dan mengantarkan pemesanan para tamu. Selain itu tugas mereka juga membantu tamu terkait pesanan dan keluhan jika diperlukan sewaktu-waktu. Merekalah yang mengantarkan makanan atau minuman yang sudah dibuat oleh chef dari dapur ke meja.

7. Kasir Restoran
Kasir Restoran (foto: pixabay)

Kasir juga merupakan posisi yang umumnya dibutuhkan di restoran. Tugasnya adalah melayani pembayaran. Seorang kasir haruslah seseorang yang teliti, sopan, mengerti tentang pencatatan keuangan, serta bisa dipercaya (jujur).

8. Petugas Pencuci Piring (Dishwasher)
Salah satu pekerjaan yang juga sangat dibutuhkan di restoran dan juga terkadang tidak terlalu diperhatikan adalah dishwasher.Dishwasher adalah bagian pencuci piring. Tugasnya tak lain adalah mencuci dan membersihkan setiap perlengkapan makan yang sudah digunakan oleh para tamu. Beberapa sifat yang dibutuhkan adalah teliti dan berhati-hati.

9. Petugas Pengantar Makanan (delivery driver)
Ada juga beberapa restoran yang menyediakan posisi driver supply. Tugasnya tak lain adalah mengantarkan pesanan makanan dan minuman dari restoran ke rumah-rumah para pembeli. Karena ia nantinya akan bertemu dengan para pembeli secara langsung, maka pastikan orang yang bekerja di posisi ini adalah orang yang ramah, sopan, mengetahui dengan jelas jalur-jalur jalan menuju lokasi, dan bisa menunjukkan nilai positif restoran melalui proses pengantaran yang baik.

> baca juga:

Itulah beberapa pekerjaan yang biasanya bisa kita temui di restoran-restoran yang ada. Semoga bermanfaat dan memberikan gambaran mengenai pekerjaan apa yang dibutuhkan serta perkiraan alokasi biaya yang tepat untuk kebutuhan karyawan di bisnis restoran yang dijalankan oleh Teman STOQO!

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR