Inilah Perawatan Kecantikan Yang Boleh Dilakukan Saat Hamil | Cek di Platform SehatQ

Rumusnya, perempuan pasti tidak bisa lepas dari produk kecantikan tuk merawat kulit, bukan begitu? Ya, tentu saja perempuan sangat mendambakan kulit yang sehat serta cerah memesona tuk tingkatkan peforma penampilan. Bahkan, meski dalam kondisi hamil, perempuan pun ingin selalu tampak cantik, benar kan?

Pada realitanya, perempuan yang tengah hamil umumnya lebih sensitif loh soal kulitnya, maka tak heran apabila ia tak ingin kehilangan momen tuk tetap perawatan. Namun, menjadi masalah, tak semua bahan kosmetik boleh dipakai oleh ibu hami, karena salah dalam memilih kosmetik akan turut menjadikan masalah kandungannya.

Produk perawatan wajah

Wajah merupakan area utama seseorang dikatakan cantik atau tidak. Tatkala hamil, beberapa kondisi kadang membuat ibu hamil menjadi berjerawat, tampak kusam, atau masalah kulit wajah lainnya. Dengan demikian, banyak ibu hamil yang tetap menyempatkan diri melakukan perawatan wajah.

Dilarang!

Bagi bumil, sangat tidak dianjurkan memakai produk kecantikan wajah yang memiliki kandungan retinol, beta hydroxy, accutane, retin-A, dan tetrasiklin. Bahan ini umumnya ditemukan di produk tuk atasi jerawat, tetapi bahan ini rutur menghadirkan resiko bagi bayi terkait kondisi cacat lahir.

Boleh!

Bagi bumil yang tetap ingin merawat kecantikan wajahnya, sebaiknya menggunakan produk dengan bahan yang ringan saja, misalnya kandungan seperti AHA, asam azelat, klindamisin, dan sejenisnya tuk bantu perlihara kecantikan wajah. Secara khusus tuk atasi kulit jerawat, bumil bisa menggunakan produk dengan kandungan benzoil peroksida yang dinilai aman bagi ibu hami.

Memakai lipstik

Lipstik merupakan satu dari sekian banyak produk yang perlu dimiliki oleh perempuan agar tampak cantik. Dengan hadirnya lipstik, perempuan bisa menjaga kelembaban serta rona warna bibir yang mempesona. Namun, tidak semua listip boleh digunakan tatkala perempuan tengah mengandung, ya!

Dilarang!

Tatkala sedang mengandung, pastikan tuk tidak main-main atau sembarangan dalam mengenakan lipstik. Jangan lupa tuk selalu memeriksa kandungan dasar dari lipstik tersebut. Penting, jangan sampai bumil memilih lipstik yang memiliki bahan ‘timbal’, karena bahan ini bisa saja membuat pemakai keracunan. Memang sih, kerap kali timbal diindentikan sebagai bahan yang membuat rona lipstik bertahan lama, namun demi keamanan saat hamil, bahan ini perlu dihindari.

Boleh!

Seandainya bumil belum juga mendapatkan lipstik pengganti yang tidak memiliki kandungan timbal, maka pastikan bumil tidak menggunakannya secara berlebihan. Cukup gunakan sewajarnya pada area bibir terluar, tak perlu sampai menjangkau area sensitif bibir bagian dalam, karena khawatir beberapa bahan akan tertelan dan mengakibatkan hal yang tidak diharapkan untuk jabang bayi.

Menggunakan pewarna rambut

Dalam beberapa kasus, bumil terkadang ingin menciptakan suasana baru dengan cara mengecat rambutnya. Namun, bumil tetap perlu waspada tatkala akan mengubah warna rambutnya ya!

Dilarang!

Meskipun beberapa pakar belum menemukan hasil pasti bahwa perempuan yang hamil tak boleh mengenakan pewarna rambut, namun tetap ada pesan kehati-hatian bahwa bumil sebisa mungkin tak menggunakan cairan pewarna rambut hingga menyentuh kulit kepala. Artinya, cukup rambut bagian yang jauh dari area kulit saja.

Boleh!

Jika bumil tetap berupaya menciptakan suasana baru dengan mengecat rambut, maka jangan terlalu buru-buru. Bumil bisa menunggu masuk ke trimester kedua tuk mewarnai rambutnya. Selain itu, tetap perhatikan pengecatan jangan sampai menyentuh kulit kepala, pun dilakukan di ruangan yang terbuka.

Bagi bumil yang ingin merawat diri, memerlukan produk kecantikan terbaik, ataupun nutrisi yang dibutuhkan saat hamil, coba deh belanjanya di Toko SehatQ. Di toko yang disediakan oleh platform kesehatan digital terbaik ini, selain lengkap, murah, produknya pun dijamin aman. Jadi anda tak perlu takut, karena selain menyediakan produk-produk kesehatan berkualitas, Sehatq.com pun bisa menjadi rujukan terbaik bagi anda yang ingin menambah wawasan seputar kesehatan.